Putussibau, Kalbar (ANTARA News) - Lomba gasing dan sumpit tingkat internasional akan memeriahkan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun yang akan digelar 25-28 Oktober 2018 di Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kupuas Hulu Junaidi, di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu, mengatakan, pada pelaksanaan Festival Danau Sentarum tahun ini akan diselenggarakan berbagai perlombaan tingkat internasional seperti lomba gasing dan sumpit serta pameran seni dan budaya.

"Festival Danau Sentarum itu sudah menjadi event nasional untuk mempromosikan potensi wisata dan cagar-cagar budaya yang ada di Kapuas Hulu," katanya.

Bahkan yang tidak kalah seru adalah berbagai pertunjukan atraksi dan penelusuran Danau Sentarum diiringi perahu hias Suku Dayak daerah setempat. Selain perahu hias, pada festival tahun lalu juga digelar lomba speedboat di danau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum Betung Kerihun tersebut.

"Saat ini kami sedang melakukan beberapa persiapan termasuk pembentukan panitia," ujar Junaidi.

Dia menegaskan, dalam pelaksanaan Festival Danau Sentarum bukan semata-mata menjual potensi wisata. Namun festival bergensi itu juga dikemas sedemikian rupa untuk menarik perhatian wisatawan mancanegara.

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan, sehingga kami minta dukungan semua pihak baik masyarakat hingga pihak Kementerian Pariwisata serta semua stakeholder," kata Junaidi pula.

Baca juga: Festival Danau Sentarum Betung Kerihun resmi dibuka

Baca juga: Berwisata ke Taman Nasional Danau Sentarum

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018