Jakarta (ANTARA News) - Pengacara pribadi Presiden Amerika Serikat Donald Trump, John Dowd, mengharapkan pemecatan mantan wakil direktur FBI Andrew McCabe akan mendorong Rod Rosenstein, wakil jaksa agung yang mengawasi penyelidikan dugaan intervensi Rusia, untuk menghentikan penyelidikan itu.

Harapan Dowd yang disampaikan beberapa jam setelah Trump menyambut suka cita pemecatan McCabe itu mengundang kritik keras mantan direktur CIA John Brennan yang menyebut Dowd "demagog penghasut" yang ingin merusak sejarah.

McCabe, 21 tahun bekerja untuk FBI, menjadi pusat perhatian penyelidikan Republik untuk dugaan intervensi Rusia, dugaan kaitan Trump dengan Rusia, dan dugaan penggunaan server email negara untuk kepentingan pribadi Hillary Clinton.

McCabe sudah mengundurkan diri Januari lalu tetapi dipecat Jumat malam setelah Jaksa Agung Jeff Sessions menolak permintaan mundur pada ulang tahun ke-50, sehingga dia mendapatkan hak pensiun.

Sabtu waktu AS, Dowd mengharapkan Rosenstein yang menjadi pengawas pengacara khusus Robert Mueller yang tengah menyelidiki dugaan intervensi Rusia, "akan mengikuti teladan cemerlang dan berani Office of Professional Responsibility FBI dan Jaksa Agung Jeff Sessions untuk menghentikan penyelidikan dugaan kolusi Rusia yang direkayasa atasan McCabe, James Comey, yang didasarkan pada dossier (berkas data) tipuan dan korup."

Baca juga: Donald Trump senang pejabat senior FBI ini telah dipecat

 

Pewarta: SYSTEM
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018