Saya berharap santri mengambil peluang yang besar itu. Silakan berupaya masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia
Jombang, Jawa Timur (ANTARA News) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Mohamad Nasir mengatakan pemerintah sudah menyiapkan anggaran hampir Rp5 triliun untuk beasiswa bagi 90 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia.

"Saya berharap santri mengambil peluang yang besar itu. Silakan berupaya masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia," kata Nasir di depan santri Kelas XII di Pondok Pesantren Mamba`ul Ma`arif, Denanyar, Jombang, Minggu.

Bila ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Jawa Timur, Nasir menyebut di Surabaya ada Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya dan politeknik, di Malang ada Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, sedangkan di Madiun dan Jember ada politeknik negeri dan Universitas Negeri Jember.

"Di Jawa Tengah ada Universitas Negeri 11 Maret Surakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto. Banyak perguruan tinggi negeri," kata Nasir.

Nasir mengatakan perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berjumlah 122 di seluruh Indonesia.

"Harapan saya, santri bisa masuk perguruan tinggi negeri dengan baik. Syaratnya, harus belajar yang rajin dan jaga kesehatan," katanya.

Nasir menyosialisasikan Beasiswa Bidikmisi di Pondok Pesantren Mamba`ul Ma`arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Dia juga membagi-bagikan hadiah kepada santri yang berani dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dia ajukan serta memberikan tiga laptop kepada santri berprestasi dan dari keluarga tidak mampu.

Baca juga: Menristekdikti semangati santri untuk kuliah
 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018