Kemarin Bali gelap gulita, Jokowi "ngevlog" di Sydney

Kemarin Bali gelap gulita, Jokowi

Pecalang atau petugas pengamanan adat Bali berpatroli saat malam Hari Raya Nyepi tahun Caka 1940 di wilayah Desa Adat Tuban, Badung, Bali, Sabtu (17/3/2018). Pengamanan tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh penerangan di pemukiman warga dan di kawasan perhotelan telah dipadamkan terkait dengan salah satu catur brata penyepian, yaitu tidak menggunakan api termasuk lampu penerangan (Amati Geni). (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA News) - Kemarin malam Bali gelap gulita karena lampu-lampu penerangan dimatikan selama umat Hindu melaksanakan tapa brata penyepian menyambut tahun baru Saka, sementara Presiden Jokowi "ngevlog" di pinggir Sydney Opera House.

Selain itu ada informasi tentang kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama anak dan cucunya di kapal Rainbow Warrior, kedatangan ulama asal Texas Syeikh Yusuf Estes, hingga kemenangan Marcus dan Kevin di All England 2018 dalam ringkasan berita berikut.

Bali tanpa penerangan selama Nyepi
Bali, daerah tujuan wisata dengan ratusan hotel dan ribuan wisatawan, tanpa lampu penerangan saat umat Hindu melaksanakan ibadah Tapa Brata Penyepian menyambut Tahun Baru Saka 1940 pada Sabtu malam.

Di Denpasar, kegelapan melingkupi masyarakat yang sejak pagi mengurung diri di dalam rumah masing-masing untuk melaksanakan ritual tapa brata penyepian. Para wisatawan yang berada di Bali pun ikut menikmati suasana Nyepi.

Jokowi "ngevlog di pinggir Sydney Opera House
 Presiden Joko Widodo membuat vlog di pinggir Sydney Opera House bersama dengan 18 peserta program "Outstanding Youth for the World".

"Ini ada yang dari pondok pesantren, ada yang dari Bali, dari Lombok, dari Jakarta, dari pondok pesantren, kemudian dari Tasikmalaya, dari Lombok," kata Presiden Joko Widodo tentang peserta program itu saat jalan pagi di Royal Botanic Garden, Sydney, Australia, Sabtu.

Menteri Susi kunjungi kapal Rainbow Warrior bersama anak-cucu
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak anak bungsunya Alvy Xavier dan cucunya Arman Hilmansyah mengunjungi Kapal Rainbow Warrior yang sedang lepas jangkar di Perairan Sorong, Papua Barat, Sabtu pagi.

Susi tiba di kapal milik Greenpeace itu pukul 08.30 WIT, disambut oleh Kapten Kapal Rainbow Warrior Hettie Geenen. "Pagi..pagi. Wow kapten perempuan! Senang bisa bertemu kalian semua. Kamu luar biasa," kata Menteri Susi.

Kunjungan ulama Texas di Jakarta
Ulama asal Texas, Amerika Serikat, Syeikh Yusuf Estes,  berada di Jakarta pada Sabtu, mengajak warga Indonesia berdialog dalam mencari kebenaran yang akan mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik.

"Saat ini Islam merupakan agama yang paling tinggi pertumbuhannya. Namun di sisi lain ada dari kalangan Muslim dan pemeluk agama lainnya yang menjadi atheis, dan mereka berada dalam kegelapan," ujar Yusuf Estes kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Marcus/Kevin ke final All England
Pemain ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo melesat ke final All England 2018 usai memenangi pertandingan melawan pasangan Denmark dua gim langsung di semifinal.

Dalam putaran semifinal di Arena Birmingham, Sabtu siang waktu setempat, pasangan peringkat satu dunia itu mampu mengalahkan Mads Conrad Petersen dan Mads Pieler Kolding 21-11, 21-19.
 
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018