Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah melakukan antisipasi sejak dini untuk menghindari kenaikan harga bahan pangan menjelang bulan Ramadan 1439 Hijriah dengan menyiapkan stok sejumlah komoditas pangan.

"Persiapannya adalah kita persiapkan stok mulai beras, bawang, cabe, daging, telor, ayam," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta pada Jumat.

Pemerintah, dibawah koordinasi Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, telah melakukan rapat koordinasi membahas upaya stabilisasi harga bahan pangan.

Amran menjelaskan salah satu bahan pangan yang menjadi prioritas untuk stabilisasi harga dalam arahan Presiden Joko Widodo adalah komoditas beras.

"Kami sudah bersama Pak Menteri Perdagangan, Ibu Menteri BUMN, atas arahan Pak Menko Perekonomian, atas arahan Bapak Presiden Jokowi dan Pak Wapres JK, kita harus stabilkan harga dan melakukan persiapan lebih awal," kata Amran.

Selain itu, Mentan menjelaskan stok ayam potong dan telur ayam berada pada posisi mencukupi dan stabil.

Untuk ayam potong dan telur ayam, Amran menjelaskan Indonesia kembali mengekspor komoditas tersebut ke Jepang pada dua pekan mendatang.

Selain itu, untuk komoditas bawang merah, Amran mengatakan Indonesia telah mengekspor ke enam negara dan komoditas jagung impor ke lima negara.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018