Jakarta (ANTARA News) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Istanbul dan World Trade Center (WTC) Istanbul berkomitmen untuk memperkuat kerja sama ekonomi perdagangan, demikian seperti disampaikan keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu. "Bangsa Turki dan Indonesia sudah memiliki perasaan kuat terhadap satu sama lain," kata Direktur Jenderal WTC Istanbul Rustu Argit dalam pertemuan dengan Konsul Jenderal RI Istanbul Herry Sudradjat pada Kamis (8/3).

Menurut Argit, komitmen antara KJRI dan WTC Istanbul itu perlu dimanfaatkan untuk membangun ikatan kerja sama antara komunitas bisnis di Turki dan Indonesia.

Senada dengan Argit, Konjen Herry Sudradjat menyatakan bahwa Indonesia dan Turki sebenarnya sudah saling mengenal sejak lama. Namun, diperlukan upaya ekstra untuk lebih mendekatkan pelaku usaha kedua negara. Hal itu penting agar tercipta peluang peningkatan kerja sama bisnis.

Dia menekankan bahwa nilai perdagangan investasi dan pariwisata Indonesia dengan Turki hingga saat ini belum mencerminkan potensi kedua negara karena masih terdapat peluang yang lebih besar bagi pebisnis kedua negara untuk meningkatkan kerja sama bisnis berbagai produk dan sektor.

Nilai perdagangan bilateral RI-Turki hingga saat ini belum pernah melampaui dua miliar dolar AS. Angka tersebut masih jauh di bawah target nilai perdagangan bilateral 10 miliar dolar AS pada 2023 yang pernah ditetapkan kedua kepala negara.

Nilai investasi Turki di Indonesia pada periode 2010-2017 hanya mencapai sekitar 106 juta dolar AS. Sementara investasi Indonesia di Turki baru ditandai dengan kehadiran PT Indofood yang memproduksi mie instan.

Di sektor pariwisata, tercatat jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Turki sekitar 70 ribu orang, dan hanya sekitar 17 ribu warga Turki yang berkunjung ke Indonesia.

Untuk itu, KJRI dan WTC Istanbul sepakat untuk berkolaborasi dalam berbagai kegiatan promosi peningkatan kerja sama ekonomi.

Konjen RI menyambut baik tawaran fasilitasi kegiatan "Indonesian Country Day" oleh WTC. Dalam forum yang akan dihadiri pelaku usaha Turki tersebut, KJRI akan dapat memberikan update tentang perekonomian Indonesia serta berbagai peluang kerja sama perdagangan investasi dan pariwisata.

WTC Istanbul juga menyampaikan kesiapan untuk mengatur pengiriman misi dagang Turki ke Indonesia serta penyelenggaraan forum bisnis.

Kesepakatan kerja sama KJRI dengan WTC Istanbul merupakan langkah strategis dalam mendorong lebih banyak pebisnis Turki untuk berkiprah di Indonesia.

WTC Istanbul adalah organisasi bisnis yang salah satu tujuannya memajukan hubungan ekonomi luar negeri Turki. Institusi tersebut memiliki kepentingan menjalin kerja sama dengan Indonesia setelah mempelajari kapasitas ekonomi Indonesia yang prospektif.
 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018