Sidoarjo (ANTARA News) - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyatakan akan memperbanyak modal usaha, terutama untuk para perajin tas yang ada di kawasan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.

"Saya melihat mereka ini hanya perlu sentuhan sedikit dari Pemerintah diantaranya dengan membantu riset tentang desain produk sehingga mereka bisa menciptakan aneka sepatu dan tas dengan model yang lebih modern," kata Gus Ipul saat blusukan di Industri Tas dan Koper (Intako) yang ada di Dusun Kaweden, Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

Gus Ipul juga akan membantu pemenuhan teknologi modern di Tanggulangin sehingga pembuatan aneka kerajinan bisa kebih cepat dan mampu memproduksi secara massal.

"Pembiayaan juga akan kita bantu dan perbanyak. Bunga murah bagi UMKM di Jawa Timur juga akan terus didorong sehingga mereka bisa lebih mudah bersaing dengan serbuan barang dari China," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan digital marketing yang saat ini sudah dirintis di Intako juga akan diperkuat sehingga jangkauan pasar bisa lebih luas lagi.

"Semua anak muda di sini bisa diserap. Sangat kecil pengangguran di sini. Saya melihat kawasan ini bisa dikembangkan jadi wisata industri UMKM yang sangat menarik," ujarnya.

Gus Ipul melihat ekonomi kerakyatan seperti di Tanggulangin bisa diduplikasi di daerah lain karena Tanggulangin berhasil menciptakan setidaknya 400 UMKM berbahan dasar kulit, serra pemuda di Tanggulangin nyaris tidak ada yang menganggur karena mereka terwadahi di UMKM yang ada.

Kawasan wisata industri UMKM Tanggulangin, kata ketua PBNU ini, bisa diintegrasikan dengan wisata Lumpur Lapindo. Jika jadi Gubernur, akses dari wisata lumpur ke kawasan Intako akan diperlebar dan dipermudah.

"Transportasi penunjang juga akan dibangun misalnya dengan menyediakan angkutan dari stasiun Tanggulangin, maupun angkutan dari terminal Sidoarjo ke Tanggulangin," ucapnya.

Saat berada di stand tas berbahan kulit, ?mantan Menteri PDT itu di dampingi Ketua Intako berdialog dengan pengurus Intako.

"Motif`e apik-apik iki (Motifnya bagus-bagus ini)," katanya.

Bahkan, Gus Ipul juga memborong sejumlah produk UMKM Khas Kota Delta berbahan kulit berkualias eksport itu di antaranya, koper, topi, dompet dan sepatu.

"Barangnya bagus-bagus, harganya terjangkau. Ini produk hasil UMKM dengan kualitas tinggi," katanya.

Pilkada Jatim 2018 diikuti dua pasangan cagub, yaitu Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018