Bandung (ANTARA News) - Prangko seri menyambut Asian Games 2018 yang tersedia di Kantor Pos Bandung laris diburu para filatelis yang sudah memesan sejak awal Januari 2018.

"Kita untuk barang-barang tertentu sudah habis. Kebanyakan yang pre-order sejak sebulan yang lalu baik melalui email atau offline," ujar Manajer Filateli Kantor Pos Bandung Iwan Haryawan di Kantor Pos Bandung, Jalan Asia Afrika, Selasa.

Iwan mengatakan, prangko menyambut Asian Games 2018 terdapat dua seri yakni seri Palembang dan Jakarta. Kantor Pos Bandung mendapat distribusi prangko sebanyak 1000 lembar untuk jenis mini sheet (MS), souvenir sheet (SS) serta sampul hari pertama (SHP).

Seribu prangko yang sudah ada sejak sebulan ini hampir habis dipesan oleh konsumen yang telah masuk daftar tunggu sebelum dicetak.

"Kalau untuk pemenuhan barang yang habis ini kita sudah koordinasi dengan kantor pusat, hanya saja mereka kendalanya di Peruri kalau enggak salah untuk seri ini ada penggantian kertas yang kualitasnya lebih bagus makanya itu jadi kendala," kata dia.

Ia merinci, untuk jenis mini sheet yang sebelumnya hanya tersedia 50 buah telah habis dipesan. Sedangkan untuk souvenir sheet Jakarta dan Palembang kini hanya tersisa 800 lembar dari 2.000 lembar yang ada.

Kemudian benda pos 18 tahun Asian Games 2018 jenis sampul hari pertama (SHP) tersisa 100 lembar dari 300 lembar yang dikirimkan oleh kantor Pos Pusat.

Dari sisa prangko yang ada, kata Iwan, sebetulnya sudah dipesan para filatelis, namun mereka ingin menunggu hingga seluruh koleksi MS, SS, dan SHP lengkap.

"Kebanyakan filatelis ini membeli seluruh serinya. Jadi mereka nunggu dan karena belum lengkap jadi belum kita distribusikan," kata dia.

Mengenai harga, prangko 18 tahun Asian Games 2018 untuk mini sheet dijual Rp54.000 per lembar, souvenir sheet (SS) Jakarta dan Palembang masing-masing Rp15.000 lembar serta sampul hari pertama (SHP) dijual Rp37.000.


Baca juga: Delapan cabang akan dikirim pelatnas di Korsel

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018