Jakarta (ANTARA News) - Bagi orang dewasa yang aktif sepanjang hari, mencuci rambut secara rutin lazim dilakukan. Bagaimana dengan bayi di bawah tiga tahun (batita)?

Menurut dokter spesialis anak Meta Hanindita, batita idealnya belum perlu dikeramasi setiap hari demi menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala. 

Kelenjar keringat di kulit kepala anak belum benar-benar sempurna. Itulah mengapa anak belum perlu terlalu sering mencuci rambut.

“Tapi tergantung juga dengan iklim,” kata Meta di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Jika anak tinggal di lingkungan sejuk sehingga jarang berkeringat, mencuci rambut bisa dilakukan dua hari sekali. 

Tapi bila Anda tinggal di daerah panas yang membuat keringat mengucur sepanjang hari, tentu tidak apa-apa mencuci rambut anak setiap hari. 

Meta dalam buku "Mommyclopedia" juga memberi kiat untuk orangtua yang anaknya takut untuk keramas. Pertama, coba ajak anak untuk memilih shampo yang disukainya. Misalnya shampo dengan wangi tertentu atau yang memiliki gambar karakter favoritnya. Dengan demikian, anak akan lebih senang ketika tiba waktu untuk mencuci rambut.

Tak hanya itu, jadikan waktu keramas jadi pengalaman menyenangkan dengan menyanyikan lagu atau membawa mainan-mainan sehingga anak tidak ogah-ogahan saat dikeramasi.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018