Sukabumi (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menyalurkan bantuan untuk warga Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang menjadi korba gempa 6,1 Skala Richter (SR) yang berpusat di Lebak, Banten Pada Selasa, (23/1).

"Bantuan ini merupakan upaya respon bencana gempa Lebak. PMI Pusat sudah melakukan upaya langkah koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi," kata Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Putsa Arifin M Hadi melalui sambungan telepon, Sabtu.

Selain menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Sukabumi berupa family kit, hygiens kit, terpulin, seng dan baby kit yang didistribusikan dari gudang regional Serang, banten. Pihaknya juga melakukan melakukan pendampingan dan dukungan ke beberapa PMI yang daerahnya terdampak.

Di sisi lain, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh staf dan sukarelawan PMI di daerah agar meningkatkan kewaspadaan dan bersiaga. Sebab kondisi cuaca dalam beberapa terakhir ini buruk seperti turun hujan deras disertai angin yang berpotensi terjadinya bencana.

"Bantuan tahap pertama ini kami salurkan ke daerah yang paling parah terdampak bencana gempa beberapa waktu lalu tersebut seperti Kecamatan Cisolok dan Kabandungan," tambahnya.

Sementara, Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi Budiharto mengatakan bantuan yang diberikan dari PMI Pusat ini dalam upaya respon awal. Pihaknya sudah mendistribusikan bantuan kedaruratan family kit dan terpulin kepada beberapa korban yang berada di wilayah terdekat seperti kecamatan Cisaat.

"Alhamdulillah kita pun sudah mendapat dukungan bantuan untuk kedaruratan dari PMI Pusat berupa hygienis kit dan terpal yang dalam waktu dekat akan segera di distribusikan kepada korban yang terdampak paling parah mengalami kerusakan di Kecamatan Pabuaran," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018