Paris (ANTARA News) - Pakar kuliner Indonesia, Chef William Wongso, mendapat medali kehormatan "Medaille d`Honneur" dari Academie du Pain Indonesia di Paris, Prancis, sehingga menjadi satu-satunya orang Indonesia yang menjadi anggota Elite de la Boulangerie International (EBI).

"Menjadi suatu kehormatan buat saya diangkat menjadi anggota EBI yang tidak sembarang orang dapat karena menjadi anggota EBI harus melalui undangan," ujar William Wongso kepada Antara di Paris, Selasa.

Kehadiran William di Paris adalah dalam rangka menjadi anggota dewan juri kompetisi tingkat dunia pembuat roti yang diadakan di Paris dari 2 sampai 6 Februari.

Sebagai juri, William harus menyeleksi The World Master Baker yang diikuti 18 pembuat roti terbaik dari seluruh dunia yang berkompetisi menjadi enam terbaik dengan spesialisasi masing-masing.

Kompetisi diadakan bersamaan dengan pameran Europain yang merupakan pameran terbesar bidang bakery, pastry dan cokelat yang digelar setiap tahun di Paris. Bakery Masters atau disebut juga sebagai Masters de la Boulangerie diadakan Lesaffre.

Presiden Bakery Master memberikan Medali Kehormatan kepada William yang otomatis membuatnya menjadi anggota EBI yang adalah kumpulan para pembuat kue terbaik  yang saat ini beranggotakan 33 orang dari seluruh dunia.

Medali kehormatan diserahkan oleh Christian Vabret "Meilleur Ouvrier de France" Fondateur Coupe du Monde de la Boulangerie.

Kepala Kantor Promosi pariwisata Indonesia di Prancis, VITO Prancis, Eka Moncarre menyatakan kebanggaan bagi Indonesia yang saat ini belum ada peserta berkualifikasi kompetisi di Bakery Masters, tetapi kini sudah diwakili William sebagai juri dan anggota Elite Member Bakery Master.

Dia berharap suatu hari Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain dalam bidang bakery international. Dia juga berharap keberhasilan William menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bekerja lebih keras menjadi juara internasional.


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018