Jakarta (ANTARA News) - Justin Timberlake kembali mengisi Super Bowl tahun ini, namun Janet Jackson tidak akan muncul bersamanya. Janet mengonfirmasi melalui cuitan, Sabtu (3/1), berbunyi: "Untuk menjawab semua spekulasi bahwa saya akan tampil di Super Bowl besok, saya tidak akan tampil," tulis dia seperti dilansir Fox. "Terima kasih atas dukungannya dan saya menantikan bertemu kalian secepatnya."

Penampilan Justin Timberlake bersama Janet Jackson pada Super Bowl 2004 masih diingat warganet karena insiden di mana Justin tidak sengaja merobek baju Janet bertepatan dengan lirik "have you naked by the end of this song". Akibatnya, payudara kanan Janet terlihat di siaran langsung televisi.

Federal Communications Commission memberi denda pada Jackson dan CBS - yang menayangkan acara itu- sebesar 550.000 dolar AS, dan karir Janet meredup, tapi karir Justin semakin cemerlang seperti dilansir Vox.

Dipilihnya Justin untuk tampil di Super Bowl 52 menuai kontroversi dan memunculkan pertanyaan bagaimana insiden itu ditangani. Viacom, perusahaan induk MTV, yang memproduksi acara 2004 silam, menyalahkan Janet: Mereka tidak menayangkan video klip dan memainkan lagunya di stasiun radio mereka.

CBS membatalkan undangan untuk menjadi presenter Grammy untuk Janet, dan dia dikabarkan ditekan untuk tidak datang ke acara penghargaan. Sebaliknya, Justin Timberlake mendatangi acara itu dan memenangi dua penghargaan.

Setelah itu, Justin Timberlake membuat permintaan maaf yang terkesan main-main saat menerima Grammy, dia menyebut insiden itu "tidak sengaja" dan "sungguh disesalkan" serta meminta maaf "bila kalian merasa tersinggung."

Baru tiga tahun kemudian sang penyanyi mengakui dia bisa bebas dari insiden itu dengan mudah.

"Jujur menurut saya sekarang... saya bisa menanganinya dengan lebih baik," kata Justin pada MTV pada 2007. "Saya mungkin punya kesalahan 10 persen, dan itulah cerminan masyarakat. Saya pikir Amerika lebih keras pada perempuan... Dan saya pikir Amerika, kau tahu, lebih keras pada orang etnik."

Dalam wawancara bersama Beats 1 Radio pada Januari silam, Timberlake mengatakan dia "tentu saja" sudah berdamai dengan Janet.

Meski demikian, ayah Janet, Joseph Jackson, mengatakan pada New York Post dia belum melupakan insiden 2004 itu.

"Jika (Justin) memang gentleman, dia akan memastikan Janet juga tampil," katanya.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018