Bandung (ANTARA News) - Kota Bandung meraih penghargaan "Asean Clean Tourist City" atau Kota Wisata Bersih Asia Tenggara pada Asean Tourism Award (ASANTA) 2018 di Chiang Mai, Thailand.

"Alhamdulillah kita dapat meraih Asean Clean Tourist City. Bandung ini konsen untuk ke pariwisataan dan pelayanannya terhadap wisatawan, intinya seperti itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari yang menyebut prestasi ini buah kerja keras pemerintah kota dan warga kota Bandung dalam mengelola lingkungan, kebersihan, dan ketertiban dalam menopang berbagai destinasi wisata unggulan.

Kenny menjelaskan, sebelum meraih penghargaan ini, selama satu tahun Bandung dinilai oleh Kementerian Pariwisata yang hasilnya dikirim ke Asean Tourism Forum untuk kembali dinilai bersama kota-kota di ASEAN lainnya.

Tim Kementerian Pariwisata menilai aspek fasilitas, sarana umum di destinasi wisata, dan trotoar. "Kebetulan Bandung ada beberapa destinasi yang baru taman-taman baru di revitalisasi. Itu jadi nilai tambah si penilai," kata Kenny.

Selain Bandung, Kota Surabaya dan Banyuwangi pun meraih predikat serupa. Total Indonesiamenyabet 12 penghargaan pada kategori berbeda.

"Ini juga untuk masyarakat Bandung menjadi kesempatan untuk meningkatkan pariwisatanya dengan menjaga kebersihan dan kenyamanan bagi turis," kata Kenny.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018