Kemarin, gempa di Lebak dan Sys NS tutup usia

Kemarin, gempa di Lebak dan Sys NS tutup usia

Peta episentrum gempa bumi di dekat Lebak, Banten, Selasa (23/01/2018). (BPBD Cilegon)

Jakarta (ANTARA News) - Simak berita  kemarin, mulai dari gempa di Lebak yang juga mengguncang hingga kabar duka kepergian Sys NS, yang masih layak dibaca hari ini.


Presiden Joko Widodo pada Selasa sore meresmikan renovasi Istora Senayan,Jakarta Pusat yang akan digunakan untuk ajang Asian Games 2018.

"Saya betul-betul terkejut masuk ke sini tadi ada perubahan total dari Istora dari keadaan sebelumnya," kata Presiden di Istora Senayan Jakarta.



Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa 6,4 SR terjadi di 81 kilometer barat daya Lebak Banten pada Selasa pukul 13.34 WIB.

Gempa yang menurut siaran di akun Twitter resmi BMKG berpusat di 7.21 Lintang Selatan,105,91 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer itu terasa hingga beberapa bagian di Jakarta, menggetarkan gedung tinggi di Jakarta Pusat.



Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Banten, Madias menyatakan sebanyak 1.269 rumah mengalami kerusakan akibat gempa tektonik berrinten 11 unit dan kekuatan 6,1 SR dengan koordinat 7,21 LS dan 105, 91 BT atau tepatnya 81 KM arah barat Lebak.



Sys NS yang bernama lengkap Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns wafat pada usia 61 tahun, Selasa. Jenazah dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Kemang, Jakarta.



Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan surat edaran terkait ada Gerhana Bulan Total (GMT) pada hari Rabu (31/1) di wilayah Jakarta.

GBT terjadi bertepatan dengan fenomena Supermoon dan Blue Moon. Awal GBT terjadi pada pukul 19.51 WIB dengan puncaknya 20.29 WIB dan berakhir pada pukul 21.07 WIB.

Terkait fenomena tersebut dalam surat yang ditandatangani Anies tertulis hal-hal yang harus dilakukan. Pertama, Kepala Dinas Pendidikan harap menyebarkan edaran ke sekolah-sekolah berisi informasi tentang fenomena ini sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains, serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan.
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018