Perusahaan Asuransi Indonesia WanaArtha Life mencanangkan rencana ambisius untuk investasi infrastruktur yang terfokus untuk membantu pertumbuhan berkelanjutan bagi Indonesia

Davos, Swiss (Antara News) – Pionir asuransi lokal, WanaArtha Life, hari ini mematangkan visi ambisius perusahaan untuk berinvestasi pada pengembangan energi terbarukan dan infrastruktur transportasi yang berfokus pada pemberian pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan untuk ekonomi Indonesia, melalui model Kemitraan Pemerintah-Swasta (Public Private Partnership / PPP).

WanaArtha Life, salah satu dari sepuluh perusahaan asuransi lokal terbesar dengan aset US$730 juta, memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun untuk menjamin kebutuhan bangsa, dengan menawarkan portofolio produk yang komprehensif, mulai dari asuransi kesehatan hingga perencanaan keuangan, yang mendukung individu dan bisnis di seluruh nusantara. Jumlah pendapatan premi asuransi jiwa WanaArtha Life mencapai US$780 juta pada akhir Desember 2017. Visi yang dijabarkan oleh perusahaan asuransi Indonesia ini akan membantu memenuhi kebutuhan pendanaan infrastruktur yang meningkat, mendorong investasi positif oleh industri asuransi di Indonesia pada proyek infrastruktur utama, termasuk sektor energi terbarukan dan infrastruktur transportasi.

"Bisnis kami selalu didorong oleh keunggulan, kepercayaan dan kesatuan. Saat ini, kami ingin bekerja sama dengan mitra industri kami, bersama dengan institusi publik dan pemerintah untuk membantu memanfaatkan keunggulan dan kesatuan tersebut sehingga memberikan investasi penting guna memenuhi kebutuhan infrastruktur vital di Indonesia," kata Evelina Pietruschka, Presiden Komisaris WanaArtha Life di sela-sela World Economic Forum 2018 di Davos.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada 2017, Meeting Asia’s Infrastructure Needs, Asian Development Bank (ADB) memprediksi bahwa Indonesia akan memerlukan dana investasi infrastruktur sebesar US$1,2 triliun pada tahun 2030. Upaya menjembatani kesenjangan investasi ini menjadi tantangan utama, namun menurut Evelina Pietruschka, hal itu juga menawarkan peluang yang cukup besar bagi industri asuransi.

"Kebutuhan infrastruktur di Indonesia sangat luas dan kompleks. Pemerintah telah membuat kemajuan yang mengagumkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, namun untuk mencapai tujuan yang lebih luas bagi bangsa ini akan dibutuhkan adanya kemitraan antara institusi publik dan swasta. Wawasan investasi jangka panjang dan volatilitas yang relatif rendah menunjukkan proyek infrastruktur menawarkan peluang yang menarik bagi industri asuransi."

Investasi WanaArtha Life tersebut akan lebih banyak difokuskan pada sektor pengembangan energi dan transportasi. Berbagai sasaran yang hendak dicapai Indonesia sesuai dengan Perjanjian Perubahan Iklim Paris diarahkan untuk mengurangi emisi sebesar 29% pada 2030. Target pemerintah untuk mencapai jumlah energi terbarukan sebesar 23% dari bauran energi pada tahun 2025 merupakan hal penting untuk meraih keberhasilan, sementara sasaran selanjutnya adalah penggunaan energi terbarukan sebesar 31% dari bauran pada 2050.

Indonesia mendapat manfaat dari potensi tenaga surya, angin dan gelombang laut yang melimpah, serta adanya cadangan panas bumi dan tenaga hidro paling besar di dunia. Menurut International Renewable Energy Agency (IRENA), bila Indonesia mampu mewujudkan potensi ini dan memberdayakan lingkungan yang lebih berkelanjutan, sektor ini dapat menghasilkan keuntungan ekonomi bersih lebih dari USD53 miliar per tahun untuk negara, yang jumlahnya diperkirakan di sebesar 1,7% dari PDB Indonesia pada tahun 2030.

"Investasi pada energi terbarukan dan infrastruktur transportasi menjadi peluang besar untuk mendukung perjalanan bangsa menuju energi yang lebih bersih dan lebih berkelanjutan untuk Indonesia," kata Evelina.

WanaArtha Life mendukung terwujudnya lingkungan investasi keuangan yang inovatif dan positif di Indonesia pada saat perusahaan ini terlibat dalam World Economic Forum di Davos. Dengan menawarkan opsi pendanaan alternatif untuk mengembangkan energi terbarukan dan infrastruktur transportasi yang ambisius, WanaArtha Life bertujuan untuk mendorong pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan bagi Indonesia dan perekonomian ASEAN yang lebih besar, dengan melakukan pendekatan Triple Bottom Line.

Tentang WanaArtha Life
WanaArtha Life adalah perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam memberikan solusi yang andal untuk memenuhi kebutuhan asuransi yang penting bagi bangsa. WanaArtha Life menawarkan rangkaian produk asuransi jiwa dan kesehatan yang sangat penting untuk perorangan dan bisnis, serta layanan perencanaan keuangan untuk perusahaan dan perorangan.

Sejak didirikan pada tahun 1974, WanaArtha Life telah didorong oleh nilai-nilai inti yang ada pada Service Excellence, Advance, Trust and Unity (SATU). Nilai utama ini telah mengantar WanaArtha Life menerima beberapa penghargaan domestik dan internasional, serta diakui oleh World Economic Forum sebagai Global Growth Company pada tahun 2014.

Temui kami di http://www.wanaarthalife.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2018