Bondowoso (ANTARA News) - Puluhan hektare sawah di empat desa di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terendam banjir setelah sebelumnya wilayah setempat diguyur hujan lebat beberapa jam hingga air sungai meluap dan merendam areal pertanian.

"Selain merendam puluhan hektare sawah milik warga para petani, banjir luapan air sungai itu juga mengakibatkan satu rumah milik warga yang berada di bantaran sungai rusak," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Bambang Sutrisno di Bondowoso, Kamis.

Ia menyebutkan, puluhan hektare sawah terendam banjir di empat desa itu di antaranya, di Desa Wanisodo, Sumber Pandan, Pekauman, dan Desa Sumber Taman, Kecamatan Grujugan.

Sebuah rumah di bantaran sungai milik Totok (40) warga Desa Wanisodo, katanya, rusak dan areal persawahan sawah yang ditanami padi, pohon sengon dan cabai juga terendam banjir.

Menurut Bambang, sebelum terjadi banjir luapan air Sungai Sampean Desa Sumber Taman itu, beberapa wilayah di Kabupaten Bondowoso diguyur hujan lebat sejak pukul 12.30 WIB sehingga memicu banjir di beberapa titik. Kendati demikian, kata dia, banjir tidak menelan korban.

"Untuk kerugian akibat bencana banjir di empat desa di satu kecamatan tersebut, kami masih belum bisa menyebutkan karena masih menunggu laporan lengkap dari masing-masing desa terdampak banjir," paparnya.

Informasi diperoleh, di Desa Sumber Taman, Kecamatan Grujugan, ada sekitar puluhan ribu tanaman sengon yang masih berusia empat bulan terendam banjir luapan sungai.

Selain tanaman pohon sengon, pertanian milik warga yang berada sekitar bantaran sungai seperti tanaman cabai yang berumur satu bulan dan tanaman padi juga terendam banjir.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018