Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak enam pemain asing bisa didaftarkan ke Piala Presiden 2018, kata anggota panitia pelaksana (OC) Piala Presiden 2018 Risha Adi Wijaya.

Namun menurut Risha, dari enam pemain yang didaftarkan tersebut, hanya empat orang yang bisa dimainkan dengan format tiga plus satu yakni tiga pemain asing berkewarganegaraan bebas dari mana saja dan seorang pemain impor dari benua Asia.

"Aturan itu diterapkan karena ini adalah pra-musim, saat di mana tim melakukan percobaan strategi termasuk melihat pemain. Namun pemain asing yang dimainkan harus tiga plus satu," ujar pria yang juga direktur operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) usai melakukan rapat manajer tim peserta Liga 1 di Jakarta, Jumat.

Risha mengakui, regulasi satu tim peserta bisa mendaftarkan enam pemain impor di Piala Presiden 2018 merupakan permintaan beberapa klub peserta.

"Mereka minta jumlah pemain asing lebih fleksibel makanya kami putuskan bisa mendaftarkan enam nama," tutur dia.

Adapun regulasi pemain Piala Presiden 2018 sedikit berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Selain mengenai pemain asing seperti yang disebutkan di atas, di Piala Presiden 2018 setiap tim dapat mendaftarkan sedikit-dikitnya 18 pemain dan maksimal 36 pemain ke Piala Presiden 2018, lebih banyak dari Piala Presiden 2017 yang maksimal bisa mendaftarkan 30 pemain.

Jumlah ini diharapkan bisa memberikan keleluasaan memilih punggawa tim bagi klub-klub yang bersamaan dengan Piala Presiden 2018 juga terlibat di kompetisi internasional AFC.

Kemudian, di turnamen pramusim edisi terkini itu, setiap klub peserta wajib mendaftarkan tujuh pemain dengan usia di bawah 23 tahun atau yang lahir setelah 1 Januari 1996. Akan tetapi, klub tidak wajib memainkan para pesepak bola U-23 ini.

"Mereka harus didaftarkan tetapi tidak wajib dimainkan," kata Risha.

Untuk pemain asing, di Piala Presiden 2018 semua pemain dan ofisial warga negara asing wajib memiliki Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang masih berlaku.

"Pendaftaran pemain akan kami buka mulai 10 Januari 2018 hingga sehari menjelang laga pertama pada pertandingan masing-masing grup," tutur anggota OC Piala Presiden Tigor Shalom Boboy.

Piala Presiden 2018 akan dibuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa (16/1), disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Turnamen pra-musim ini diikuti 20 tim yang dibagi dalam lima grup.

Pertandingan Grup A dilangsungkan di Bandung, beranggotakan Persib, Sriwijaya FC, PSM Makassar, dan PSMS.

Kemudian Grup B, digelar di Tenggarong, Kalimantan Timur, ada Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Martapura FC, dan Barito Putera.

Persebaya Surabaya, Madura United, Perseru Serui, dan PS TNI mengisi Grup C dan akan dilaksanakan pertandingannya di Surabaya.

Grup D mempertandingkan Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, Borneo FC, dan Bali United. Semua laga grup ini digelar di Bali.

Terakhir di Grup E, akan bertanding di Malang, Jawa Timur, yaitu Arema FC, Bhayangkara FC, PSIS Semarang, dan Persela Lamongan.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018