Kepada pejabat yang baru, kalian harus bisa menyesuaikan diri dengan semangat Gubernur dan Wakil Gubernur."
Serang (ANTARA News) - Gubernur Banten Wahidin Halim melantik lima pejabat tinggi pratama hasil lelang jabatan (Open bidding) di lingkup Pemerintahan Provinsi Banten di Serang, Jumat.

Kelima pejabat setingkat esselon II Pemprov Banten hasil lelang jabatan tersebut yaitu M. Yusuf sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan. Komarudin Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Ade Ariyanto Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Gunawan Rusminto Kepala Biro Pemerintahan, dan Nana Suryana Kepala Biro Bina Infastruktur dan Sumber daya Alam.

Gubernur Banten Wahidin Halim berharap pejabat yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing serta mampu menjabarkan visi-misi Pemerintah Provinsi Banten.

"Kepada pejabat yang baru, kalian harus bisa menyesuaikan diri dengan semangat Gubernur dan Wakil Gubernur," katanya.

Menurut dia, pejabat yang dilantik merupakan hasil rangkaian seleksi yang dilakukan Panitia Seleksi sesuai aturan yang berlaku. Pemprov Banten sebelumnya membentuk tim seleksi untuk melakukan proses lelang jabatan tersebut.

"Ada hak prerogatif, tapi hak itu juga berdasarkan penilaian Pansel yang akidah normanya sudah diatur. Apa yang harus dites, wawasan, psikologi, termasuk wawasan pemahaman tupoksi," kata Wahidin.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan pakta integritas dan perjanjian kinerja para Kepala OPD dirangkaikan dengan penyerahan DPA SKPD/PPKKD tahun anggaran 2018.

Wahidin juga mengatakan, akan melakukan seleksi ulang untuk dua jabatan yang masih kosong yaitu Kepala Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan (ARTP) dan Kepala Biro Umum. Pasalnya hasil seleksi kedua jabatan tersebut tidak memenuhi persyaratan nilai minimal.

"Kita konsisten kalau memang tidak memenuhi syarat. Nanti seleksi lagi. Waktu ya kapan-kapan juga bisa," kata Gubernur seraya menekankan tetap akan melakukan evaluasi kinerja terhadap para pejabat yang sudah dilantik hasil seleksi.

Wahidin juga mengimbau pejabat yang baru dilantik dan pejabat yang lama untuk segera menjalankan tugas dan program-program pembangunan dengan penuh tanggung jawab seiring dengan masuknya Tahun Anggaran 2018.

Pewarta: Mulyana
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018