Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meminta danau dan waduk yang ada di wilayah Ibu Kota agar dimanfaatkan dengan baik untuk berbagai kegiatan.

"Danau maupun waduk yang ada di Jakarta sebaiknya dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan, misalnya olah raga air," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Akan tetapi, menurut dia, sebelum dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, waduk dan danau tersebut harus dibersihkan sekaligus dicek terlebih dahulu kualitas airnya.

"Oleh karena itu, saya minta kepada satuan kerja perangkat daerah atau SKPD supaya membersihkan dan melakukan pengecekan kualitas air sebelum kegiatan dilaksanakan," ujar Sandiaga.

Apabila airnya bersih dan kualitasnya terjamin, dia menuturkan, maka akan berdampak baik juga terhadap kesehatan dan keselamatan seluruh peserta kegiatan.

"Kesehatan beserta keselamatan juga harus menjadi perhatian utama. Dengan begitu, akan semakin banyak warga yang berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang akan digelar nanti," tutur Sandiaga.

Dia mengungkapkan salah satu kegiatan yang akan digelar di danau dan waduk, yaitu Festival Danau Sunter yang berlokasi di Danau Sunter Selatan sisi timur, Jakarta Utara.

Sandiaga mengharapkan kegiatan tersebut dapat terus berlanjut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus menambah potensi wisata perairan di Kota Jakarta.

"Festival Danau Sunter itu bisa jadi percontohan. Selain bisa mempercantik, kawasan danau dan waduk bisa juga dimanfaatkan untuk untuk kebaikan warga," ungkap Sandiaga. 

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018