Jakarta (ANTARA News) - Berikut ringkasan beberapa berita kemarin yang bisa dibaca lagi pagi ini, mulai dari pemecahan rekor dunia di Bandung hingga laporan khusus mengenai Rohingya.




Presiden bagikan sertifikat tanah untuk warga lima provinsi

Presiden Joko Widodo membagikan 705.000 sertifikat tanah kepada warga lima provinsi dan 37 kabupaten secara serempak dari Semarang, Jawa Tengah, Sabtu.

"Lima provinsi, 37 kabupaten yang hadir. Di Jawa Tengah dibagikan 10.350. Tolong angkat. Di Bengkulu, Yogyakarta, Padang (Sumatera Barat), Bau-Bau (Sulawesi Tenggara) angkat 705 ribu sertifikat dibagikan hari ini," kata Presiden saat acara pembagian sertifikat di Lapangan Pancasila Kota Semarang.




BCL isi suara "Si Juki The Movie"

Penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL), salah satu pengisi suara dalam film animasi "Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir", menuturkan pengalamannya menyulih suara untuk film yang akan tayang 28 Desember 2018 tersebut.


“Jadi memang kita akting dulu, rekaman suara dulu, baru gambarnya dibuat. Jadi, kita tuh berdasarkan halu-halunya (imajinasi) kita sendiri. Kita menggambarkan di kepala kita sendiri, ini kira-kira adegannya begini. Jadi menghayal sendiri,” kata BCL, pada pemutaran perdana film itu di Jakarta, Sabtu.





Jabar Lautan Kopi pecahkan rekor dunia

Gelaran Jabar Lautan Kopi yang diramaikan tak kurang dari 1.000 barista dan pecinta kopi di Halaman Gedung Sate, Bandung, Sabtu, memecahkan rekor dunia untuk aksi menyeduh kopi bersama selama 30 detik.

Rekor itu dicatat oleh lembaga rekor dunia asal Inggris, Record Holder Republic (RHR), dan diserahkan oleh perwakilan pengawas RHR untuk Indonesia, Lia Mutiasari, kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang juga turut ambil bagian dalam pemecahan rekor tersebut.




Diana si orangutan kembali ke alam liar

Diana, si orangutan betina berumur 9 tahun kembali ke alam liar bertepatan dengan peringatan Hari Ibu 2017. Dia dapat kembali hidup di alam liar setelah menjalani rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Orangutan di Batumbelin, Sibolangit, Sumatera Utara, selama dua tahun. 

Pelepasliaran ini, menurut Direktur Kawasan Konservasi Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Suyatno Sukandar dilakukan di Pusat Reintroduksi Orangutan Sumatera di Taman Wisata Alam atau Cagar Alam Jantho, Aceh Besar, Provinsi Aceh. 




Laporan dari Bangladesh - Kisah sukses pengungsi Rohingya


Di antara 250.000 pengungsi Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh pada 1991-1992, ada seorang bocah laki-laki berusia enam tahun. Ia belum benar-benar memahami apa yang terjadi. Tetapi yang bocah itu tahu, ia harus terus berjalan.


Dari desa asalnya, Tompu Lawe, di Maungdaw, Myanmar, ia bersama kedua orangtua serta empat saudara laki-laki dan seorang saudara perempuannya meninggalkan kampung halaman mereka untuk selamanya.

"Saya masih selalu merindukan kampung halaman saya," kata Emam seraya mengenang masa-masa sulitnya tersebut.

Saat ANTARA News menemuinya, Emam yang kini berusia 32 tahun sudah menjadi seorang dokter.




Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017