Cianjur (ANTARA News) - Seribuan umat Islam di Cianjur, Jawa Barat, menggelar istighosah bersama di lapangan parkir Cianjur Supermall, Jumat, sebagai bentuk protes terhadap kebijakan sepihak Presiden Amerika Donal Trump.

Sebelumnya ribuan umat islam Cianjur, berkumpul di Mesjid Agung Cianjur, sebelum melaksanakan istighosah di halaman parkir mall tersebut. Dibawah pengawalan ketat aparat kepolisian, umat bergerak menuju supermall dengan membawa spanduk berbagai ukuran.

Sesampai di lokasi istighosah, ribuan massa langsung melakukan doa bersama untuk kelancaran aksi menolak kebijakan Trump dan tidak mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israeal.

Fauzi (30) seorang peserta aksi, mengatakan, dia dan ribuan umat Islam di Cianjur, bahkan dunia mengutuk kebijakan yang telah diambil presiden negara adidaya tersebut. Dia menilai pernyataan tersebut menyakiti hati umat islam dunia.

"Kebijakan yang telah diambil Donald Trump menyakiti hati umat Islam di seluruh dunia. Kami bersama umat Islam Palestina agar Yerusalem ditetapkan sebagai ibukota Palestina," katanya yang ikut aksi secara spontan.

Peserta aksi mendesak agar Presiden Amerika Serikat itu, mencabut kebijakan yang dinilai telah membuat ketegangan dunia."Jangan asal bicara karena iuni menyangkut umat Islam dunia, bukan hanya umat islam di Palestina," katanya.

Selang beberapa puluh menit melakukan aksi damai tersebut, ribuan umat Islam Cianjur, membubarkan diri dengan tertib dibawah pengawalan ketat aparat kepolisian. Selama aksi berlangsung sempat terjadi antrian panjang kendaraan dibeberapa jalur protokol Cianjur.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017