Jakarta (ANTARA News) - Rencana Amerika Serikat untuk memindahkan kantor kedutaan mereka ke Yerusalem menjadi topik pemberitaan di berbagai media dan menuai kecaman dari banyak negara-negara besar.

Selain masalah itu, topik pemberitaan lain yang masih layak dibahas hari ini adalah hasil-hasil pertandingan Liga Champions Eropa dan Paripurna DPR setuju Hadi Tjahjanto jadi Panglima TNI.

Berikut ringkasannya:

Kedubes AS geser ke Yerusalem, ini reaksi negara-negara besar

Sejumlah negara besar seperti China, Rusia, Iran, dan Turki pada Rabu mengecam rencana Amerika Serikat untuk memindahkan kantor kedutaan mereka ke Yerusalem.

Reuters melaporkan, kebijakan itu berarti mengakui kota suci tiga agama tersebut sebagai ibu kota Israel. Sejumlah pejabat senior Amerika Serikat mengatakan Presiden Donald Trump akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan berencana untuk merelokasi kantor kedutaan AS dari Tel Aviv.

Pengakuan Trump terhadap klaim sepihak Israel atas status Yerusalem merupakan pembalikan arah kebijakan lama Amerika Serikat yang sebelumnya selalu menyatakan bahwa status kota tua itu harus diputuskan melalui perundingan dengan Palestina, yang menuntut Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan mereka.

Indonesia minta PBB bersidang bahas masalah Yerusalem

Pemerintah Indonesia meminta Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) segera bersidang untuk membahas keputusan Amerika Serikat, yang secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Pemerintah Indonesia meminta PBB untuk segera bersidang serta menyikapi pengakuan sepihak Amerika Serikat," kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis.

Didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan Staf Khusus Presiden, dia menyatakan bahwa dalam beberapa hari ini Pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)

Paripurna DPR setuju Hadi Tjahjanto jadi Panglima TNI

Sidang Paripurna DPR memutuskan menyetujui Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI, dan akan mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo untuk merekomendasikan pelantikannya.

Semua anggota DPR yang menghadiri Sidang Paripurna ke-13 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2017-2018 di Jakarta, Kamis, menyatakan setuju ketika Wakil Ketua DPR Fadli Zon menanyakan apakah laporan Komisi I DPR tentang hasil uji kelayakan calon Panglima TNI dapat disetujui.

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyari mengatakan Komisi I DPR sebelumnya telah mendapatkan penugasan untuk membahas pemberian persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI berdasarkan Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Bamus DPR tanggal 4 Desember 2017.

Andi Narogong dituntut 8 tahun penjara

Pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong dituntut delapan tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan ditambah pidana tambahan membayar uang pengganti 2,15 juta dolar AS dan Rp1,18 miliar dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi KTP Elektronik.

"Agar majelis hakim pengadilan tindak pidana korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong secara sah dan meyakinkan secara hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata jaksa penuntut umum KPK Mufti Nur Irawan dalam sidang pembacaan tuntutan di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis.

Mata kiri Novel Baswedan sudah dioperasi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginformasikan bahwa dokter yang menangani Novel Baswedan di Singapura telah mengoperasi mata kiri penyidik KPK itu pada Rabu (6/12).

"Operasi pada Rabu adalah operasi pembuangan jaringan gusi di mata kiri yang pertumbuhannya tidak baik, diganti dengan jaringan gusi baru," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, Febri menyatakan operasi itu dilakukan karena pertumbuhan selaput mata kiri Novel melambat sehingga dibutuhkan penanaman kembali bagian gusi di mata kiri tersebut.

Dalam 1 juta lembar uang ada tujuh lembar yang palsu

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi, mengatakan bahwa peredaran uang palsu di tengah masyarakat mengalami trend menurun dari tahun ke tahun.

Suhaedi di Kantor Bareskrim Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis, mencatat bahwa ada 21 lembar uang palsu dari satu juta lembar uang yang beredar pada 2015. Pada 2016, ada 13 lembar uang palsu di antara satu juta lembar uang yang beredar.

"Dan pada tahun ini, hingga Oktober 2017, hanya tujuh lembar uang palsu yang ditemukan dari satu juta lembar uang beredar," katanya.

Daftar tim lolos dan klasemen akhir Liga Champions

Sebanyak 16 tim Eropa yang berasal dari delapan grup telah mengamankan posisinya untuk berlaga di babak 16 besar Liga Champions yang akan dipertandingkan pada 2018.

Tim-tim yang menjadi juara grup adalah Manchester United, Paris Saint Germain (PSG), AS Roma, Barcelona, Liverpool, Manchester City, Beşiktaş, dan Tottenham Hotspur.

Adapun tim-tim pot kedua atau runner up adalah FC Basel, Bayern Muenchen, Chelsea, Juventus, Sevilla, Shakhtar, Porto, dan Real Madrid.




Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017