Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, memimpin upacara serah terima Panglima Komando Lintas Laut Militer TNI AL, di markas komando komando utama TNI AL itu, di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

Laksamana Pertama TNI Yudo Margono menggantikan Laksamana Muda TNI Agung Prasetiawan di posisi itu. Margono merupakan alumnus Akademi TNI AL pada 1988 dan posisi sebelumnya adalah kepala staf Komando Armada Indonesia Kawasan Barat TNI AL. Sementara Prasetiawan akan menjadi asistem perencanaan umum panglima TNI.

Serah terima jabatan puncak di Komando Lintas Laut Militer TNI AL itu ditandai penyerah-terimaan tongkat komando, lencana jabatan, penanggalan sekaligus pemasangan tanda pangkat lama dan baru kepada kedua laksamana itu, serta pataka komando utama.

Supandi mengatakan, Komando Lintas Laut Militer TNI AL merupakan komando utama pembinaan dan operasional TNI AL, yang mengemban tugas membina kemampuan sistem TNI AL pada aspek militer termasuk potensi TNI AL secara nasional untuk kepentingan pertahanan negara di laut serta melaksanakan angkatan administratif, taktis dan strategis.

"Sebagai salah satu komponen Sistem Satuan Armada Terpadu, Komando Lintas Laut TNI AL dituntut untuk mampu melaksanakan tugas-tugas TNI AL dalam operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang," katanya.

Keberhasilan pelaksanaan tugas Komando Lintas Laut Militer TNI AL selama ini, seperti membantu pergeseran pasukan dan bantuan logistik ke daerah-daerah yang terkena bencana alam, kata dia, merupakan sumbangsih yang perlu diapresiasi.

"Oleh karenanya, pertahankan terus semangat dan motivasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi TNI AL, TNI, bangsa dan negara," kata dia.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017