Jakarta (ANTARA News) - PT Taspen (Persero) dan PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) memperluas kerja sama layanan bagi peserta Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk pemberian fasilitas kredit kepada pensiunan.

"Selain sebagai mitra pembayaran tabungan hari tua (THT), THT Multiguna, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Kerja sama juga meliputi pemberian fasilitas kredit kepada para PNS dan pensiunan," kata Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu.

Menurut Iqbal, melalui kerja sama dengan Bank Banten diharapkan dapat mengoptimalkan layanan sehingga dapat merealisasikan pelayanan prima sesuai dengan target Taspen yaitu Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, Tepat Tepat, dan Tepat Administrasi (5T).

"Diharapkan kerja sama ini dapat mendukung pelaksanaan otentikasi berkala terhadap peserta guna memberikan kemudahan, percepatan layanan melalui kantor mitra layanan Taspen atau Office Channeling dan Layanan Kunjungan Penerima Pensiun," kata Iqbal.

Ia menjelaskan, bahwa Bank Banten bersama dengan TASPEN dapat melakukan monitoring dan pengawasan serta rekonsiliasi pembayaran pensiun secara realtime melalui sistem pembayaran pensiun e-dapen dan non dapen.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa mengatakan kredit pensiunan yang dimiliki Bank Banten bernama Kredit Purna Bakti Banten yang merupakan salah satu produk "secured loan" yaitu kredit kepada individu berpenghasilan tetap dan pensiunan.

"Kerja sama ini diharapkan membuka potensi bisnis, sehingga dapat meningkatkan outstanding penyaluran kredit konsumer yang baru dirintis sejak pendirian Bank Banten di triwulan III 2016. Sementara hingga Agustus 2017 sudah disalurkan sebesar Rp1,004 trilun.

Fahmi menjelaskan, dengan menggandeng Taspen diharapkan Bank Banten mempermudah pensiunan untuk mendapatkan akses layanan sekaligus menjadi perpanjangan tangan Taspen dalam melayani penerima pensiun.

Dengan begitu ujar Fahmi, Bank Banten berpotensi mengembangkan bisnis melalui optimalisasi jaringan kantor cabang dan kantor cabang pembantu Bank Banten di seluruh Indonesia.

"Bank Banten siap dengan tugas besar untuk pembayaran pensiun ini, mengingat dana yang berasal dari APBN. Bank Banten berupaya menjadi mitra terbaik bagi institusi dan lembaga pemerintah serta swasta dalam pembayaran gaji pegawai dan pensiunan," tuturnya.

Ke depan Fahmi berharap, kerja sama keduanya tidak hanya pada pembayaran pensiun saja, tetapi juga layanan perbankan lainnya seperti kredit untuk pensiunan, penempatan dana, dan produk lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi Taspen dan para pensiunan.

"Ini menjadi nilai tambah bagi Bank Banten, dengan fitur produk yang bersaing serta layanan yang prima. Layanan produk Bank Banten menjadi pilihan tidak hanya masyarakat Banten tapi juga di Indonesia," ujar Fahmi.

(T.R017/S025)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017