Jakarta (ANTARA News) - Gubernur negara bagian New South Wales, Australia, David Hurley, menilai dari berbagai kemajuan yang telah dicapai dalam tujuh dekade terakhir, maka Indonesia telah tumbuh menjadi negara terpenting di Asia.

"Selama lebih dari tujuh dekade, Indonesia terus merayakan kemajuan-kemajuan yang dicapai di berbagai bidang yang membuat Indonesia berkembang maju menjadi salah satu negara paling penting di Asia," kata Hurley dalam Bahasa Indonesia yang fasih pada resepsi diplomatik peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-72 di Wisma Indonesia, Kent Road Rose Bay.

Seperti disebut keterangan tertulis Konsulat Jenderal RI di Sydney, hari ini, Gubernur Hurley yang pada acara itu mengenakan batik menggarisbawahi pentingnya menjaga hubungan baik kedua negara dalam berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan dan budaya.

Sedangkan Konsul Jenderal RI di Sydney Yayan G.H. Mulyana menyebut arti penting usia 72 tahun bagi Indonesia adalah penegasan kembali komitmen bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, perkembangan sosial, stabilitas politik, pemerintahan yang baik serta dukungan dan perlindungan HAM.

"Didorong oleh semangat partisipasi yang konstruktif, tema HUT RI tahun ini adalah bekerja bersama menuju Indonesia yang adil, maju, sejahtera dan damai," kata Yayan.

Sekitar 200 orang tamu undangan dari pemerintah, parlemen, akademisi, media, bisnis dan korps konsuler, termasuk Menteri Multibudaya New South Wales Ray Williams menghadiri acara ini.

Pewarta: Libertina Widyamurti Ambari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017