Pelaihari (ANTARA News) - Dalam rangkaian peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia tahun 2017, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) menggelar Operasi Bhakti TNI berupa penanaman pohon dan bersih- bersih Pantai Batakan.

Dipilihnya Tanah Laut sebagai tempat Bhakti TNI-AL karena dianggap memiliki banyak nilai historis dalam Kemerdekaan RI, ujar Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Oky IZ Dipura, di Pelaihari, Kalsel, Kamis.

Menurut dia, pertama kali mendarat pasukan Pahlawan Nasional Brigjen TNI H Hasan Basri saat mempertahankan NKRI di wilayah Kalimantan di Desa Batakan, Kabupaten Tanah Laut.

Penamanan pohon dan pembersihan Pantai Batakan tersebut juga melibatkan masyarakat setempat, siswa sekolah dan anggota Pramuka Kecamatan Panyipatan.

Jenis pohon yang ditanam di Pantai Batakan tersebut, jelas dia, ada dua yakni, pohon Trembesi dan Ketapang.

Dia berharap, kegiatan itu dapat memberikan bermanfaat bagi masyarakat Tanah Laut, terutama sekali penghijauannya.

Terpisah, Staf Ahli Bagian Kemasyarakatan dan SDM Setdakab Tanah Laut Safarin mewakili Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah mengucapkan terimakasih dan dedikasinya atas kegiatan TNI-AL dalam rangka menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Kegitan tersebut, terang dia, sebagai salah satu wujud rasa syukur terhadap Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

Lebih lanjut dia mengemukakan, penduduk Tanah Laut banyak menggantungkan kehidupan sehari-harinya dari pantai dan melaut.

"Kegiatan ini tentu turut membantu kehidupan dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini," demikian tandasnya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017