Padang (ANTARA News) - PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat akan membangun pembangkit energi baru terbarukan berdaya total 15.000 kiloWatt dengan target penyelesaian hingga 2019.

"Itu adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) yang akan ditempatkan di tiga daerah yakni Kabupaten Agam, Pesisir Selatan, dan Tanah Datar," kata General Manager PT PLN Wilayah Sumatera Barat, Bambang Yusuf, di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan, pengembangan pembangkit listrik energi terbarukan akan lebih berkontribusi kepada ketersediaan energi dalam jangka panjang, ketahanan energi, dan kemandirian energi.

Masing-masing pembangkit itu yakni, Guntung di Kabupaten Agam dengan kapasitas 4.000 kiloWatt oleh PT Pesisir Hidro Energi, Induring di Kabupaten Pesisir Selatan dengan kapasitas 20.00 kiloWatt oleh PT Selo Kencana Energi, dan Lintau 1 di Kapubaten Tanah Datar kapasitas 9.000 kiloWat dengan PT Pelita Prima Nusantara.

Selain itu yang akan dibangun ini, ada beberapa pembangkit yang telah beroperasi diantaranya Napal Melintang, Lubuk Gadang, Manggani, Lubuk Sao II, dan Sangir Hulu.

Pewarta: Denya Utama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017