Karanganyar (ANTARA News) - Ratusan calon prajurit siswa (caprasis) Sekolah Pertama Tamtama TNI Angkatan Udara Angkatan 73 mengikuti tes samapta di Skadron Pendidikan 404 Lanud Adi Soemarmo Karanganyar, Selasa.

Ratusan caprasis yang dibagi tiga kelompok tersebut, melaksanakan tes samapta, antara lain renang, pendidikan baris berbaris, serta kemampuan fisik sebagai calon prajurit TNI yang andal.

Menurut Komandan Skadik 404 Lanud Adi Soemarmo Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu, 500 siswa yang mengikuti pendidikan calon prajurit TNI.

Pelaksanaan tes dibagi dalam tiga kelompok menurut nomor urut caprasis dan dilaksanakan selama tiga hari secara bergantian.

"Pelaksanaan Samapta A lari keliling lapangan waktu 12 menit, dan Samapta B terdiri push up, pull up, sit up, dan suttle run," kata Sudirman.

Untuk renang juga dilaksanakan di Lanud Adi Soemarmo dan kemudian latihan PBB dilaksanakan di halaman Skadik 404.

"Materi jam pelajaran samapta, renang dan PBB merupakan bagian dari total 941 jam pelajaran (JP) yang diberikan lembaga pendidikan kepada caparasis di Skadik 404 Lanud Adi Soemarmo," katanya.

Pihaknya berharap tes samapta menjadikan mereka sebagai prajurit dirgantara dengan sikap dan kemampuan fisik yang baik, menjadi prajurit yang kesatria, militan, loyal, dan profesional. 

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017