Sumbawa Barat (ANTARA News) - PT Panasonic Eco Solution Gobel Sales Indonesia menyediakan "power supply station", sebuah paket daya fotovoltaik yang berfungsi menyediakan air bersih bagi warga Desa Rarak Ronges, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

President Director PT Panasonic Eco Solution Gobel Sales Indonesia, Yasuhisa Miyawaki, melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Jumat, mengatakan pihaknya terus berkomitmen memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

"Program power supply station terus kami jalankan setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi daerah yang kekurangan sumber air bersih," katanya.

Pada tahun 2017, kata dia, Desa Rarak Ronges, Kecamatan Brang Rea, Sumbawa Barat, dipilih karena ada potensi sumber daya, baik dari alam maupun masyarakatnya.

Unit "power supply station" tersebut didonasikan kepada desa oleh Asosiasi Petani Yayasan Pembangunan Indonesia. Donasi tersebut berjalan atas kerja sama antara The Grant Assistance for Grassroots Human Security Projects1 dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Di Desa Rarak Ronges, menurut Yasuhisa, air sumur merupakan kebutuhan sehari-hari. Namun untuk menjaga kestabilan sumber air bersih selalu menjadi tantangan karena berbagai faktor, seperti pencemaran air yang disebabkan oleh limbah dari kamar mandi terdekat dan penipisan air bawah tanah selama musim kemarau.

Untuk memastikan sumber air bersih yang stabil, Asosiasi Petani Yayasan Pembangunan baru-baru ini menerapkan "Yamaha clean water supply system" yang dirancang untuk memurnikan air sungai dan sistem ini ditawarkan secara global oleh Yamaha Motor Co., Ltd.

"Yamaha clean water supply system" didukung oleh "power supply station Panasonic", yang dilengkapi dengan 12 HIT modul surya Panasonic dan bisa menghasilkan sekitar 3 kilowatt listrik.

"Power supply station Panasonic" juga dilengkapi dengan 24 baterai penyimpanan yang memungkinkannya untuk memasok daya yang tersimpan. Sistem pemurnian air menggunakan pompa Panasonic untuk menarik air dari sumber air atau sungai terdekat.

"Power supply station" mampu menyalakan "Yamaha clean water supply system" selama 24 jam untuk memastikan sumber air bersih yang stabil bagi warga Desa Rarak Ronges.

"Untuk itu, air bersih dapat dijual untuk daerah sekitar sehingga bisa jadi pemasukan tambahan dan bisa meningkatkan lingkungan hidup di Brang Rea," kata Yasuhisa.

Pewarta: Awaludin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017