Kabul (ANTARA News) - Suara ledakan dan tembakan bergema di Kabul dalam dua serangan terpisah Taliban yang menyasar gedung-gedung keamanan di ibu kota Afghanistan, Kabul, Rabu, saat pemberontak meningkatkan serangan sebelum memulai operasi musim semi tahunan mereka.

Bom mobil menghantam sebuah kantor polisi Afghanistan di Kabul barat dan baku tembak pun terjadi, kata Kementerian Dalam Negeri.

Beberapa menit kemudian, seorang pengebom bunuh diri meledakkan diri saat mencoba memasuki kantor Badan Intelijen Afghanistan di Kabul timur, tambah kementerian.

"Ada dua serangan di Kabul hari ini," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Najibullah Danish kepada kantor berita AFP.

"Ada korban dari serangan pertama dan kami juga mendapatkan laporan baku tembak, tapi pada saat ini, kami tidak dapat memastikan apakah itu adalah serangan kompleks."

Taliban mengklaim kedua serangan tersebut.

Kementerian Kesehatan Afghanistan menyatakan 18 korban terluka akibat kejadian itu, beberapa dari mereka mengalami luka serius, dan dibawa ke rumah sakit.

"Jumlah korban diperkirakan akan bertambah karena ambulans masih dalam perjalanan," kata juru bicara kementerian Waheed Majroh kepada AFP.

Pasukan keamanan Afghanistan sedang berjuang melawan kebangkitan kembali Taliban di tengah peningkatan korban dan desersi saat pemberontak meningkatkan serangan di seluruh negeri bahkan di bulan-bulan dingin ketika pertempuran biasanya menurun.

Upaya berulang untuk meluncurkan perundingan damai dengan Taliban gagal dan musim pertempuran sengit baru diperkirakan bermula pada musim semi.(mr)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017