Jika anak ditertawakan, diolok, dijadikan candaan, potensial anak menjadi tidak nyaman. Ini berbahaya bagi tumbuh kembang mereka, baik dalam relasi sosial, kelangsungan pendidikan maupun aspek lainnya
Jakarta (ANTARA News) - Belakangan ini video seorang anak Sekolah Dasar (SD) salah mengucapkan nama ikan di depan Presiden Joko Widodo beredar viral di masyarakat.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Asrorun Niam Sholeh mengaku khawatir hal ini bisa berdampak buruk bagi anak. Menurut dia, tawa yang mungkin berujung olok-olok dari mereka yang melihat video itu berpotensi merugikan anak.

"Bisa jadi (ini spontan), dengan kepolosan anak, tetapi itu berdampak tertawaan dan olok-olok yang pasti akan merugikan anak," ujar dia saat dihubungi ANTARA News, Jumat. 

(Baca juga: Presiden ingin guru fokus didik karakter murid)

Asrorun menduga anak berpotensi tertekan secara psikis karena menjadi bahan olok-olok rekan-rekan dan masyarakat di sekelilingnya.
 
Hal senada diungkapkan, Komisioner KPAI, Susanto. Dia mengatakan candaan bisa saja membuat anak tidak nyaman dan ini bisa berbahaya bagi tumbuh kembangn dan relasi sosialnya.

"Jika anak ditertawakan, diolok, dijadikan candaan, potensial anak menjadi tidak nyaman. Ini berbahaya bagi tumbuh kembang mereka, baik dalam relasi sosial, kelangsungan pendidikan maupun aspek lainnya," tutur dia dalam kesempatan berbeda.

Untuk itu, KPAI berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika menghentikan peredaran video kepada publik. Dia juga meminta masyarakat tak lagi menyebarkan video itu.

"Saya sudah langsung komunikasi dengan Menkominfo, juga sudah dengan Subdit Penindakan. Siap ditindaklanjuti. KPAI menyayangkan peredaran materi video anak yang sedang bersama Presiden dan viral secara massif, sebagai bahan tertawaan. KPAI minta segera hentikan peredaran, karena hal itu masuk kategori bully pada anak," kata Asrorun.

Asrorun menambahkan, KPAI dalam waktu dekat juga akan berkunjung ke tempat tinggal anak yang bersangkutan untuk memastikan kondisi terkini anak pasca video berisi dirinya viral.

(Baca juga: Presiden ingin sekolah wajibkan murid ikut kegiatan ekstrakulikuler)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017