Jakarta (ANTARA News) - Komika Indonesia mendukung perwakilan Indonesia Melanie Maras yang berhasil masuk babak semifinal kompetisi "Stand Up Comedy" dunia; "Laugh Factory's Funniest Person in the World".

Salah satunya Pandji Pragiwaksono. Meski tidak mengenal Melanie, dia mendukung Melanie di ajang dunia tersebut.

"Menurut saya dia keren dan sewajarnya didukung. Kami belum saling mengenal tapi dari satu komika ke komika yang lain, saya mendukung dia," kata Pandji dalam pesan singkatnya kepada ANTARA News, Kamis (24/11).

Dukungan juga datang dari komika MoSidik. Dia tidak menyangka ada komika Indonesia yang telah memiliki prestasi internasional.

"Saya tidak kinal, dan tidak pernah tahu kalau prestasinya se-internasional itu. Dengan adanya Melanie nama Indonesia sudah ada di internasional," ujar MoSidik kepada ANTARA News melalui sambungan telepon.

MoSidik juga berharap dengan ikut sertanya Melanie dalam kompetisi dunia dapat memicu para komika Indonesia untuk mengikuti langkah yang sama, dan mendorong para komika mulai ber-stand up komedi dalam bahasa Inggris.

"Stand up comedy Indonesia yang berbahasa Indonesia memang besar, tapi yang berbahasa Inggris kita belum sehebat Malaysia, Singapura dan Filipina," kata dia.

Namun, saat ini MoSidik mengatakan stand up komedi berbahasa Inggris sudah mulai menggeliat di Tanah Air. Salah satunya dengan adanya open mic komedi komodo madeaboutcomedy.com yang digelar setiap satu bulan sekali.

Tantangan dalam stand up comedy berbahasa Inggris, menurut MoSidik, para komika "nyalinya harus tinggi", karena penampilan mereka kebanyakan ditonton oleh ekspatriat.

Tidak hanya itu, "Stand up comedy adalah komedi yang relevan, orang yang menonton harus tahu komedinya. Untungnya saya menggunakan jokes orang gendut yang sama dirasakan oleh semua orang, sementara yang lain bisa pakai jokes internasional seperti pemilihan presiden Donald Trump kemarin," ujar MoSidik.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016