Los Angeles (ANTARA News) - "Fantastic Beasts and Where to Find Them" mendominasi box office selama akhir pekan, meraup 75 juta dolar AS pada penayangan perdananya di Amerika Utara.

Pendapatan film itu mengonfirmasi harapan tinggi Warner Bros. atas hak cipta cerita itu dan keputusannya kembali dengan lima bagian serial fantasi itu.

"Fantastic Beasts" adalah produk ikutan dari film Harry Potter. Ceritanya bukan mengenai Hogwarts, tapi kisah di New York City tahun 1920an, dan secara keseluruhan menampilkan penyihir dan makhluk-makhluk mistis baru.

Studio menghabiskan 180 juta dolar AS untuk membuat film tersebut, dan meminta pembuat Harry Potter J.K. Rowling menulis naskahnya serta membawa kembali David Yates, sutradara beberapa film tentang bocah penyihir itu.

Eddie Redmayne menjadi Newt Scamander, penulis buku pelajaran dan kolektor binatang tituler.

"Jo Rowling secara brilian mengisahkan cerita yang menginspirasi basis penggemarnya untuk keluar," kata Jeff Goldstein, presiden distribusi domestik Warner Bros.

Pembukaan film itu lebih halus dibandingkan dengan film-film Potter sebelumnya, tapi Warner Bros. berpendapat bahwa perbandingannya tidak adil.

Film itu dibuat berdasarkan buku laris sementara "Fantastic Beasts" sebagian besar merupakan karya asli.

"Itu tidak sama," kata Goldstein. "Itu apel dan kumquat (buah serupa jeruk)."

Para pemirsa mungkin menyambut kembalinya Potter, tapi mereka dingin terhadap beberapa film baru, di antaranya drama tinju "Bleed for This" dan drama Perang Irak "Billy Lynn's Long Halftime Walk."

Kedua film itu gagal. "Bleed for This" susah payah mendapatkan 2,4 juta dolar AS dan "Billy Lynn's" menghimpun 930.000 dolar AS setelah memperluas penayangan dari empat bioskop menjadi 1.176 bioskop. "Billy Lynn's" telah mengumpulkan 1,1 juta dolar AS sejak pemutaran perdana terbatas sepekan lalu, bencana untuk film yang digadang-gadang bisa bersaing di Oscar.

Di bawah "Fantastic Beasts" ada "Doctor Strange" dari Marvel, berada di peringkat kedua dengan hasil 17,5 juta dolar AS untuk meningkatkan pendapatan kotornya di Amerika Serikat menjadi 181,5 juta dolar AS setelah tiga pekan di bioskop.

"Trolls" dari DreamWorks Animation menempati posisi ketiga dengan pendapatan 17,5 juta dolar AS, menambah penghasilan totalnya menjadi 116,2 juta dolar AS.

Sementara film fiksi ilmiah "Arrival" dari Paramount yang dibintangi oleh Amy Adams duduk di peringkat keempat dengan 11,8 juta dolar AS, menambah pendapatan kotornya di Amerika Serikat menjadi 43,4 juta dolar AS.

Film Universal "Almost Christmas" melengkapi penghuni peringkat lima teratas tangga film mingguan box office dengan hasil tujuh juta dolar AS, membuat pendapatan film itu di Amerika Serikat mencapai total 25,4 juta dolar AS menurut warta kantor berita Reuters.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016