Pamekasan (ANTARA News) - Tari Pecot mengawali lomba karapan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI 2016 di lapangan Stadion Soenarto Hadiwidjojo, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu.

Sebanyak 600 siswa dari berbagai lembaga pendidikan di Kabupaten Pamekasan membawakan tarian itu dengan iringan musik tradisional daul "Putra Meonk".

Kepala Bakorwil IV Pamekasan Azhar membuka festival karapan sapi yang diikuti oleh 24 peserta tersebut. Ke-24 peserta itu merupakan pemenang lomba di empat kabupaten di Madura yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan.

Pasangan sapi yang disertakan dalam festival itu antara lain bernama Nangkonang dari Pamekasan, Kalajengking dari Sumenep, Cong Lorong dari Sampang, Mabes Terbang dari Bangkalan dan Hajar Bos dari Pamekasan.

Lalu ada pasangan sapi Cabe Rawit dari Sampang, Hitam Manis dari Bangkalan, Gajah Mada dari Sumenep, Tok Ngaltok dari Bangkalan, Sahrini dari Pamekasan, Setan Balap dari Bangkalan, Dor To Dor dari Sampang, Rudal Sapudi dari Sumenep, Teror Serdadu dari Pamekasan, dan Predator dari Sampang.

"Festival karapan sapi kali ini, lebih meriah dari tahun lalu, karena diawali dengan pementasan tari kolosal yang melibatkan ratusan siswa," kata Azhar.

Ia menambahkan penyelenggara juga mengundang perwakilan dari kedutaan besar Jepang, China dan Amerika Serikat untuk menghadiri acara pembukaan festival.

Bupati Pamekasan Achmad Syafii juga beserta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pamekasan menyaksikan acara pembukaan festival.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016