Hong Kong (ANTARA News) - Saham-saham Hong Kong mengakhiri pekan "bearish" dengan kenaikan pada Jumat, setelah indeks harga produsen China secara tak terduga naik untuk pertama kalinya dalam hampir lima tahun.

Indeks acuan Hang Seng (HSI) naik 0,9 persen menjadi ditutup pada 23.233,31 poin, sedangkan indeks CEI (China Enterprises Index) naik 1,1 persen menjadi 9.601,40.

Tetapi selama seminggu, indeks Hang Seng turun 2,6 persen, merupakan kinerja mingguan terburuk dalam sebulan.

Setelah kuartal ketiga yang kuat, pasar Hong Kong telah mundur di tengah kebangkitan kembali volatilitas global menjelang pemilihan presiden AS pada November, perkiraan kenaikan suku bunga AS pada Desember dan awal tahun depan negosiasi alot keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Data Tiongkok untuk September sejauh ini memiliki satu kantong data bervariasi bagi investor. Pasar mundur setelah angka ekspor dan impor mengecewakan pada Kamis, namun menarik beberapa kenyamanan dari kenaikan harga produsen dan konsumen yang dilaporkan pada Jumat.

Data harga produsen yang lebih kuat dari perkiraan menunjukkan keuntungan yang lebih tinggi dan memberikan perusahaan-perusahaan lebih banyak ruang untuk melunasi utang mereka.

Semua sektor utama naik pada Jumat, dengan saham-saham energi dan keuangan memimpin keuntungan, demikian Xinhua melaporkan.

(A026/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016