Jakarta (ANTARA News) - Perlengkapan tempur milik militer Amerika Serikat telah tiba di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur sebanyak 22 kontainer.

Sebanyak 22 kontainer perlengkapan tempur militer AS tersebut diangkut dengan menggunakan kapal kargo "Ocean Glory", menurut keterangan dari Kapen Kostrad, Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, di Jakarta, Kamis.

Seluruh muatan tersebut berisi peralatan tempur, di antaranya beberapa kendaraan tempur lapis baja dan helikopter.

Setelah diperiksa oleh militer AS, seluruh peralatan itu dinaikkan ke trailer untuk selanjutnya akan di kirim ke pusat latihan tempur di Karangtekok, Situbondo.

Selama proses pengecekan peralatan tempur, militer AS terlihat bersiaga dan sigap dalam mengawasi kondisi di pelabuhan, pasukan dari Kostrad dengan bersenjata laras panjang juga ikut menjaga areal pelabuhan tempat bersandarnya kapal pengangkut tersebut.

Tujuan dari kedatangan peralatan tempur militer AS tersebut akan digunakan untuk latihan bersama "Garuda Shield-10" antara militer AS dan TNI AD yang rencana akan digelar pada bulan Agustus mendatang.

Di mana pendukung Latma Garuda Shield-10 berasal dari satuan jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad, khususnya Yonif Raider 515 Kostrad terlibat langsung sebagai pelaku dalam Latma Garuda Shield-10.

Pewarta: Afut Syfril
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016