Batang (ANTARA News) - Bus Kramat Jati nomor polisi B 7075 TGB menghantam truk tangki W 9233 UN di jalur lingkar beton selatan Alas Roban, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengakibatkan lima korban tewas dan puluhan lainnya luka-luka, Sabtu (16/7) malam.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Batang, AKP Rendi Johan Prasetyo di Batang, Sabtu, mengatakan bahwa berdasar data sementara di lokasi kejadian jumlah korban tewas sebanyak lima penumpang dan puluhan lainnya mengalami luka berat serta ringan.

"Saat ini, para korban sudah dilarikan ke sejumlah rumah sakit, antara lain RSI Weleri, Puskesmas Gringsing, Rumah Sakit Baitul Nikmah Kendal, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kendal," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Unit Kecelakaan Iptu R. Ade Triken mengatakan adapun kronologis kejadian, bus Kramat Jati yang melaju dari arah timur (Semarang) menuju Barat (Jakarta) melaju dengan kecepatan tinggi.

Akan tetapi, kata dia, dalam waktu bersamaan ada sebuah truk tangki berasal dari arah yang sama mendadak berbelok arah.

"Akibat jarak yang sudah dekat, sopir bus tidak dapat mengendalikan laju bus dan tabrakan pun tidak dapat dihindarkan," katanya.

Ia menambahkan kecelakaan ini mengakibatkan arus lalu lintas macet dari jalur lingkar beton selatan Alas Roban hingga jalan arteri Weleri, Kabupaten Kendal atau sekitar dua kilometer.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016