Tahun 2015 seperti gudang penyimpanan minuman."
Medan (ANTARA News) - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menilai layanan trasportasi dalam arus mudik dan balik pada Lebaran 2016 jauh lebih jika dibandingkan pada tahun sebelumnya.

"Hampir semuanya ada perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya," katanya, usai memantau arus balik di Bandar Udara Kualanamu dan Stasiun KA Medan, Sabtu.

Ia mengatakan, penilaian itu didapatkan dari layanan transportai di berbagai daerah karena Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menekankan dua faktor penting, yakni keselamatan dan pelayanan bagi penumpang.

Jonan mencontohkan pelayanan penerbangan di Bandara Kualanamu yang mengalami peningkatan sekira 30 hingga 40 persen pada Lebaran 2016. Meski jadwal penerbangannya bertambah, hampir seluruh penumpang merasa puas karena tingkat penundaan penerbangan (delay) sangat kecil.

"Delay-nya tidak lebih dari satu persen," ujarnya.

Contoh peningkatan layanan tersebut juga dapat dilihat di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah, yang sangat bagus jika dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya.

Saat ini, menurut dia, pelayanan di Pelabuhan Tanjung Mas bahkan jauh lebih bagus dibandingkan layanan di terminal Bandara Ahmad Yani Semarang.

"Tahun 2015 seperti gudang penyimpanan minuman," katanya.

Demikian juga layanan di Stasiun Kereta Api Tugu di Yogyakarta yang penerangan peronnya lebih baik dibandingkan dengan Bandara Adi Sucipto.

Meski demikian, Menhub belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut mengenai hasil akhir pemantauan angkutan Lebaran 2016

"Analisanya nanti tanggal 18 Juli," demikian Ignasius Jonan.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016