Jumlah pengunjung tiga sampai empat kali lipat dari jumlah yang biasanya saat akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu,"
Surabaya (ANTARA News) - Pengunjung Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur naik tiga kali lipat memasuki libur Lebaran 2016 dibandingkan pada hari biasa.

"Jumlah pengunjung tiga sampai empat kali lipat dari jumlah yang biasanya saat akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu," kata Kepala Penjualan dan Pemasaran Taman Safari Indonesia II Prigen Idham Rustian ketika dihubungi dari Surabaya, Sabtu.

Ia mengatakan jumlah pengunjung per hari Sabtu (9/7) naik dua kali lipat dibandingkan dengan Jumat (8/7). Jumlah pengunjung diprediksi masih akan terus meningkat sampai libur lebaran usai.

"Puncak keramaian pengunjung diprediksi terjadi pada hari Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7), namun untuk jumlah pengunjung, kami tidak bisa memberikan datanya," katanya lagi.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, puncak libur Lebaran 2016 ini biasanya pada hari Sabtu (9/7) atau Minggu (10/7), namun pada Senin (11/7) diperkirakan masih akan tetap ramai.

"Untuk menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan tersebut, pengelola TSI II Prigen membuka sembilan loket masuk dari yang biasanya hanya tiga loket. Jumlah tim di lapangan juga ditambah," katanya pula.

Pengelola TSI, lanjutnya, akan menambah petugas, termasuk tim keamanan yang bertugas di TSI II Prigen.

Bus Safari Adventure yang mengantar pengunjung untuk berkeliling melihat satwa juga ditambah.

"Kami juga menyediakan beragam wahana wisata, di antaranya ada parade satwa, seperti gajah, unta, dan kuda poni. Parade satwa mulai tanggal 7 hingga 10 Juli berkeliling dari satu titik ke parkiran H Safari Prigen," ujarnya lagi.

Terkait harga tiket, ia menambahkan tidak ada kenaikan pada libur lebaran. Harga tiket untuk gelang hijau Rp85 ribu per orang, gelang merah Rp120 ribu per orang, sedangkan gelang hitam Rp135 ribu per orang.

"Asal pengunjung dari berbagai daerah, mulai dari pengunjung asal Pulau Jawa hingga luar Jawa, seperti dari Surabaya, Malang, Jawa Tengah, dan ada plat mobil pengunjung dari luar Jawa juga," katanya pula.

Pewarta: Indra Setiawan & Laily Widya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016