Hari ini kita fokus pada sosialisasi empat pilar kebangsaan. Pada Rabu dilanjutkan dengan rapat dengar pendapat bersama masyarakat,"
Painan, Sumbar (ANTARA News) - Anggota DPR-RI, Darizal Basir menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan dan rapat dengar pendapat dengan masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), dalam masa penugasan oleh MPR RI pada Selasa-Rabu (14-15/6).

"Hari ini kita fokus pada sosialisasi empat pilar kebangsaan. Pada Rabu dilanjutkan dengan rapat dengar pendapat bersama masyarakat," katanya dari Partai Demokrat itu di Painan, Selasa.

Ke empat pilar kebangsaan itu yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika perlu terus disosialisasikan agar masyarakat selalu ingat arti pentingnya pilar kebangsaan tersebut.

Melalui sosialisasi, setidaknya pihaknya dapat memberi pemahaman bagi masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Lebih dari itu berbagai konflik yang sedang maupun yang akan terjadi di negeri ini agar dapat diredam atau diselesaikan dengan baik.

Ini juga merupakan suatu upaya untuk mencegah berbagai konflik yang cenderung terjadi di daerah-daerah di Indonesia yang dapat memecah rasa persatuan dan kesatuan bangsa, " ujar Mantan Bupati Pesisir Selatan itu.

Peserta sosialisasi kali ini merupakan jamaah Masjid Darul Munir, Kenagarian (Desa Adat) salido, kabupaten setempat yang berjumlah sekitar 150 orang. Sesuai rencana, ke dua kegiatan itu di daerah pemilihan legislator tersebut yang juga diisi dengan buka puasa bersama dengan seluruh peserta.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyerap berbagai aspirasi para warga Nagari Salido, Kecamatan IV Jurai khususnya peserta sosialisasi.

Nagari Salido sangat strategis karena terletak di Kecamatan IV Jurai yang merupakan ibu kabupaten. Lebih dari itu nagari Salido juga memiliki potensi kelautan, pariwisata dan pertanian.

"Saya akan memperjuangkan semua aspirasi masyarakat ini ke tingkat nasional. Bukan hanya menyangkut pembangunan infrastruktur namun juga persoalan lain yang dibutuhkan masyarakat sesuai potensi yang dimiliki daerah ini," Basir.

Syafriadi seorang peserta sosialisasi mengatakan, dirinya menyambut baik dan mengapresiasi pertemuan masyarakat dengan Anggota DPR RI itu. Melalui kegiatan tersebut masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung ke anggota DPR RI.

"Kami berharap semua aspirasi masyarakat dapat terserap dan dibawa ke DPR RI untuk diteruskan ke pemerintah pusat, " tambahnya. 

Pewarta: Junisman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016