Apalagi, kondisi prestasi atlet kita sedang merosot."
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR RI Yayuk Basuki menilai target perolehan 31 medali emas dalam perhelatan Asian Games 2018 mendatang merupakan hal yang berat, dan berharap para atlet bangkit memperbaiki prestasinya.

"Untuk target dari Satlak Prima kira-kira proyeksi 31 medali emas, terus terang tugasnya luar biasa berat. Apalagi, kondisi prestasi atlet kita sedang merosot," ujar mantan petenis putri nasional itu di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa, mengacu target Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

Dalam kesempatan itu, Ketua Satlak Prima Ahmad Sutjipto mengatakan, dengan target perolehan 31 medali emas, peringkat Indonesia bisa menduduki 10 besar.

Ia mengemukakan, sebanyak 31 medali itu setidak-tidaknya dapat diperoleh melalui 13 cabang olahraga potensial, antara lain bulutangkis, atletik, wushu, panahan, balap sepeda, pencak silat, panjat tebing, perahu tradisional, karate, jet ski dan angkat besi.

"Kalau kami melihat setidaknya ada 13 cabang olahraga potensial mulai dari bulu tangkis, atletik, angkat besi, wushu, panahan hingga jet ski," katanya.

Satlak Prima dalam pemenuhan target tersebut, dikatakannya, akan melakukan sejumlah hal, antara lain indentifikasi defisit kinerja setiap atlet, membuat profil kinerja setiap atlet dan pemenuhan semua infrastuktur, serta kelengkapan kepelatihan.

"Kami tahu posisi kita saat ini di SEA Games lalu di peringkat kelima, Asian Games sebelumnya di urutan 18. Namun, kami percaya performa atlet waktu itu belum sepenuhnya. Kami yakin bila diberikan manajemen yang lebih baik, sport science yang lebih baik, anggaran lebih baik, pasti ada peningkatan prestasi," demikian Ahmad Sutjipto.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016