Painan (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Darizal Basir menyerahkan bantuan alat pengempa gambir modern kepada petani di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Karena kecamatan ini merupakan pemasok getah gambir terbesar dari kabupaten setempat, " kata Darizal di Painan, Selasa.

Di kecamatan itu, Darizal Basir menyerahkan bantuan tersebut kepada petani di dua nagari (desa dengan rincian yakni Siguntur sebanyak tiga unit dan Taratak Sungai Lundang sebanyak dua unit.

Sebelumnya, alat kempa gambir tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar, Hardiyanto kepada Darizal Basir untuk selanjutnya diberikan kepada petani gambir di dua nagari itu.

Dia mengungkapkan, bantuan tersebut dikucurkan kepada petani gambir di kabupaten itu atas upayanya saat masih berada di Komisi IV DPR RI yang membidangan pertanian.

"Alhamdulillah perjuangan saya bersama kawan-kawan saat saya masih di Komisi IV DPR RI dikabulkan sehingga bantuan ini dapat terealisasi dengan baik ke petani, " katanya.

Sebelumnya, Darizal Basir juga telah menyalurkan beberapa bantuan lainnya berupa alat mesin pertanian dan alat tangkap ikan kepada masyarakat di kabupaten itu.

"Meski saya sudah pindah ke Komisi I DPR RI, tetapi perjuangan untuk kesejahteraan para petani terus saya lakukan, karena itu merupakan bentuk tanggung jawab moral, sekaligus tugas dan fungsi saya sebagai wakil rakyat, " tambahnya.

Seorang petani gambir, Muas (46) mengatakan, pihaknya merasa sangat lega dengan dapatnya bantuan alat kempa gambir modern dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian tersebut.

Alat itu merupakan suatu kebutuhan yang mendesak khususnya bagi petani guna mengelola hasil perkebunannya yakni gambir. Apalagi saat ini harga komoditi ekspor tersebut cukup bagus

Pewarta: Junisman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016