Empat pilar kebangsaan ini tidak hanya dilaksanakan oleh keluarga kami tetapi juga oleh seluruh bangsa Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Manharani menuturkan Konsep Empat Pilar Kebangsaan yang digagas ayahnya, Taufiq Kiemas diharapkan dapat dilaksanakan oleh semua komponen bangsa.

Empat pilar kebangsaan yang diwariskan suami Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri itu yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Empat pilar kebangsaan ini tidak hanya dilaksanakan oleh keluarga kami tetapi juga oleh seluruh bangsa Indonesia," kata Puan dalam sambutannya sebagai perwakilan keluarga pada peringatan 1.000 hari meninggalnya Taufiq Kiemas di kediaman Megawati di Jakarta, Rabu.

Peringatan hari meninggalnya Taufiq Kiemas ini merupakan kali terakhir setelah setiap tahun keluarga Megawati secara rutin melaksanakannya.

"Ini tahun ketiga dan merupakan haul terakhir beliau. Terimakasih seluruh undangan yang selalu datang dari tahun ke tahun dan sata berharap sekali lagi minta maaf atas beliau semoga husnul khotimah dan diterima di sisi Allah," kata dia.

Megawati menyelenggarakan haul terakhir untuk almarhum suaminya di Jalan Teuku Umar Nomor 27, dihadiri oleh sejumlah pejabat negeri ini, antara lain, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Ketua Partai Golkar Setya Novanto dan lainnya.

Ketua Muahmmadiyyah Haedar Nahsir dan Ketua PB Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj juga memberikan tausyiah Ramadhan di acara tersebut.

Menurut pantauan Antara, suasana di depan rumah Megawati dilengkapi dengan tenda berwarna merah putih.

Arus lalu lintas di jalan tersebut juga dialihkan melalui jalur lain.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016