Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengapresiasi geliat Industri Kecil Menengah (IKM) perhiasan di Borong, Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan.

Sentra kerajinan Borong sendiri telah terkenal dengan keuletan dan kreativitas para perajin yang diwariskan turun temurun.

"Dengan demikian, ekonomi masyarakat berkembang dan dengan menjadi sentra wisata yang didatangi wisatawan, maka nama 'Borong' menjadi brand sekaligus dapat menjadi identifikasi bagi motif perak dan emas khas kawasan ini," ujar Saleh melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Perhiasan asal Borong sendiri telah menembus pasar ekspor seperti China dan Hongkong.

Menurut pakar desain Universitas Negeri Makassar dan pembina perajin perhiasan, Dian Cahyadi, secara umum pola kerja di Borong ialah perajin pria membuat kerangka.

Kemudian, dilanjutkan oleh perajin perempuan mengerjakan bagian detil perhiasan, di mana sekitar 200 kepala keluarga terlibat dalam aktivitas produksi kerajinan.

Kepada warga, Saleh mendorong agar kawasan ini dikembangkan menjadi sentra wisata kerajinan seperti di Kotagede, Yogyakarta dan Bali.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016