Batulicin (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyiapkan 100 tenda untuk pedagang makanan, minuman, dan kue guna menjual dagangannya selama menjelang berbuka puasa pada Ramadan 1437 Hijriah.

"Dari 100 tenda tersebut akan dibagi menjadi dua lokasi, di Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Simpang Empat," Kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Tanah Bumbu M. Tahha, di Batulicin, Kamis.

Ia mengatakan pemerintah hanya menyediakan tenda untuk tempat berjualan, sedangkan perlengkapan yang lain seperti meja, kursi, dan yang lainnya disiapkan sendiri masing-masing pedagang.

Sementara ini dari 100 tenda tersebut baru ada 20 orang yang mendaftarkan diri untuk berjualan. Dan pemerintah selalu terbuka kepada masyarakat yang ingin meminjam stan yang disediakan secara gratis.

Pihaknya juga mengimbau kepada pedagang yang berjualan nantinya, untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan dan ketertiban sehingga pelaksanaan pasar wadai Ramadhan berjalan dengan lancar dan aman.

"Kalau dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, pasar wadai Ramadan ini sangat diminati masyarakat, hingga ribuan orang setiap harinya datang berkunjung, dan perputaran ekonomi masyarakatpun sangat besar," katanya.

Sebagaimana diketahui, adanya pasar wadai di Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Kusan Hilir disaat bulan suci Ramadan menjadi tradisi dan sudah menjadi salah satu objek wisata kuliner yang perlu dilestarikan.

"Kami berharap dengan adanya pasar Wadai Ramadhan kali ini akan muncul kreasi-kreasi baru masyarakat mengolah masakan yang khas daerah sehingga bisa melestarikan makanan khas lokal Tanah Bumbu," paparnya.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016