Jakarta (ANTARA News) - Menjual rumah bukanlah hal yang mudah, mungkin sudah banyak cara yang sudah dilakukan tapi rumah tidak kunjung terjual. Di satu sisi waktu terus berjalan, kebutuhan akan uang penjualan rumah atau karena harus segera pindah ke tempat lain terkadang membuat Anda terus berusaha hingga akhirnya menurunkan nilai rumah.

Apa pun alasannya, Anda harusnya hindari hal tersebut. Menurunkan harga rumah Anda bukanlah jalan terakhir.

Menurut data terbaru dari Lembaga Indonesia Property Watch, pada kuartal pertama 2016 ini untuk daerah Banten-Jabodetabek tingkat penjualan properti hunian mengalami penurunan.

Hal tersebut pastinya mempengaruhi persaingan pasar. Dimana banyak properti hunian yang ditawarkan, namun daya beli masyarakat sedang menurun. Lalu hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk segera menjual rumah dengan cepat di kondisi seperti ini?

Jika pemilik rumah lainnya dapat melakukannya, Anda juga pasti bisa. Menjual rumah Anda dalam waktu singkat saat ini bukanlah hal mustahil. Dilansir oleh Tim Lifull Rumah, berikut 4 tips sederhana yang bisa Anda lakukan:

1.Persiapkan Rumah Dalam Kondisi Terbaik.
Sebuah studi yang dilakukan oleh Real Estate Staging Association di Amerika Serikat, menemukan bahwa rumah yang dipersiapkan dalam kondisi terbaik, akan terjual rata-rata dalam waktu 23 hari. Itu 87% lebih cepat dibandingkan rumah yang berada di pasar namun tidak dalam kondisi terbaik.

Persiapkan rumah Anda dengan melakukan perbaikan kecil dan membersihkan seluruh ruangan. Anda dapat melakukannya sendiri atau bahkan menyewa jasa perbaikan dan kebersihan. Dimulai dengan cek kondisi atap rumah, hingga fungsi di dapur dan toilet. Perbaiki sekecil apapun masalahnya.

Setelah itu, bersihkan seluruh ruangan dan tata kembali furniture yang termasuk dalam penjualan rumah. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan mudah bagi pembeli untuk melihat isi rumah.

2.Foto Lengkap Setiap Sudut Ruangan
Faktanya banyak pembeli saat ini sangat bergantung pada internet dalam melakukan pencarian rumah idaman, dan sudah bukan rahasia lagi bahwa foto yang ditampilkan memainkan peran besar untuk menangkap perhatian pembeli.

Berdasarkan analisis Lifull Rumah sebagai salah satu situs portal properti di Indonesia, foto adalah hal kedua yang dilihat pembeli setelah kolom harga beserta detail rumah. Di mana pembeli biasanya akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka, untuk melihat detail rumah yang ditawarkan melalui foto lalu mengambil keputusan.

Pastikan Anda mempunyai kamera yang dapat menghasilkan kualitas foto terbaik dan mengetahui posisi terbaik untuk memberikan detail keseluruhan ruangan.

3.Harga Yang Sesuai
Ini bukanlah waktunya bagi Anda untuk menebak-nebak dan menggunakan perasaan. Jika Anda benar-benar ingin segera menjual rumah Anda, maka mengetahui nilai pasar properti saat ini merupakan satu-satunya jawaban.

Tidak peduli berapa banyak biaya yang dikeluarkan pada saat membeli atau renovasi yang Anda lakukan, selama nilai rumah Anda sesuai maka pembeli akan membayar. Simpel dan sederhana.

Jika harga terlalu tinggi, maka pembeli akan melewatkan rumah Anda tanpa pernah bertanya atau  melangkah melalui pintu. Namun, bila harga terlalu rendah, Anda akan menjualnya disaat pembeli yang bertanya atau datang tidak lebih dari hitungan jari.

Bekerja dengan perusahaan atau agen properti yang berpengalaman dapat membantu Anda menetapkan harga yang kompetitif dengan membandingkan penjualan terbaru dari rumah di lokasi Anda. Selain itu juga pastinya membantu memasarkan Properti Anda.

Untuk melakukan pencarian agen properti di lokasi Anda kini juga lebih mudah melalui internet, karena lebih efektif dan efisien. Karena situs properti Lifull.ID, merupakan bagian dari situs jual beli properti nomor satu di Jepang (HOME’S) dan sudah didukung dengan fitur pencarian canggih.

Terdapat juga penawaran properti mulai dari rumah dijual, apartemen dijual, kost disewa dan lain-lain. Dimana berbagai tipe properti tersebut dapat dicari berdasarkan daerah, jalur transportasi, universitas terdekat, hingga menggunakan kriteria populer di Indonesia.

Anda juga dapat menemukan perumahan baru dengan fitur pencarian perumahan baru di Indonesia yang saat ini sudah bekerjasama lebih dari 545 developer perumahan baru di Indonesia.

ADVERTORIAL

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016