Jakarta (ANTARA News) - Film animasi "Detective Conan: The Darkest Nightmare" mencetak rekor box office untuk serial film dengan meraup 5,06 miliar yen atau sekitar Rp619,52 miliar dalam 23 hari setelah penayangan perdana.

Film yang tayang perdana di 359 bioskop se-Jepang pada 16 April itu. Film animasi ke-20 yang diadaptasi dari serial manga "Detective Conan" itu telah menarik 3,98 juta penonton pada 8 Mei.

Film terbaru yang mendapat 1,2 miliar yen pada pekan pertama penayangannya dan terus menarik perhatian penggemar selama liburan Golden Week pada akhir April dan awal Mei.

Tahun ini merupakan penanda perayaan 20 tahun serial televisi dan film animasi "Detective Conan".

Animasi "Detective Conan" menembus angka empat miliar yen untuk pertama kalinya pada 2014 dengan "Detective Conan: Sunflowers of Inferno", yang jadi film Conan dengan pendapatan kotor terbesar dengan hasil 4,48 miliar yen. 

Namun "The Darkest Nightmare" akan bisa melampaui rekor itu secara mudah.

Menurut distributor Toho.Co, serial Detektif Conan populer di kalangan pria dan perempuan usia 20-an, juga murid sekolah menengah pertama dan atas. Serial itu tampaknya bertahan berkat dukungan penggemar lama.

Seperti dikutip Asahi Shimbun dari Anime Anime Japan, sebuah survei pada hari pertama penayangan menunjukkan bahwa kepuasan penonton film terbaru mencapai 95,9 persen.

"The Darkest Nightmare" juga menjadi perbincangan hangat di antara penggemar karena kisah yang diangkat mengenai pertempuran Conan dan rival utamanya, Organisasi Hitam.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016