Mendesain ruang tamu sehingga terasa nyaman dan cantik penting untuk kamu perhatikan. Ruang tamu yang nyaman akan membuat tamu, teman, atau kerabat yang datang berkunjung merasa betah. Selain kesan baik yang kamu dapat, bukankah menyenangkan jika kamu bisa melewatkan waktu berbincang dengan mereka di ruangan ini?

Merencanakan desain interior ruang tamu bisa kamu mulai dengan memilih desain kursi tamu yang tepat. Pemilihan kursi tamu yang tepat dan sesuai selera kamu, akan menunjang penampilan ruang tamu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih kursi tamu yang pas untuk hunian kamu.

#1 Sesuaikan dengan Dekorasi Ruangan
Model kursi yang akan kamu pilih haruslah sesuai dengan tema yang diusung oleh rumah itu sendiri. Akan tampak aneh jika ruang tamu kontemporer diisi dengan kursi minimalis nan modern. Kesan kontemporer akan semakin kuat terpancar jika kamu memilih kursi yang memiliki ukiran dan detail klasik lainnya.
Contoh lain misalnya, jika perabot di ruang tamu didominasi oleh material kayu, akan bijak jika detail dan aksen ruangan, seperti kursi samping, terbuat dari material kayu pula.

#2 Material yang digunakan
Ada banyak pilihan material yang bisa kamu pilih. Mulai dari kayu utuh hingga rangka kayu atau logam yang dilapisi dengan busa dan fabric beraneka rupa. Kayu akan memperkuat kesan kontemporer jika ditempatkan di ruangan bergaya klasik. Namun, pengaplikasian kayu pada ruangan modern minimalis pun dapat menambah kesan natural yang hangat.

Jika kamu ingin menambahkan kayu ke hunian kamu, sebaiknya kenali jenis kayu terlebih dahulu. Kayu jati adalah satu yang memiliki tekstur khas, kekuatan, serta ketahanan yang paling baik di antara kayu jenis lainnya. Namun, kayu jati memiliki beberapa kelas yang membuatnya berbeda dari segi kualitas dan harga.
Selain jenis, kamu patut memerhatikan apakah konstruksi kayu tersebut adalah konstruksi kayu utuh atau sambungan. Kayu utuh cenderung memiliki harga yang lebih mahal dari kayu sambungan karena finishing rapi tanpa garis seperti yang kita temui di kayu sambungan.

Lain halnya dengan sofa atau jenis kursi tamu berbusa lainnya, material pelapis dan juga busa yang digunakan adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pilihlah warna dan motif yang sesuai dengan ruang tamu kamu. Perhatikan kerapihan jahitan dan kekuatan bahan, agar sofa yang kamu miliki memiliki umur yang panjang.

#3Faktor Kenyamanan
Selain digunakan untuk menjamu tamu, ruang tamu sering kali kamu gunakan untuk membaca buku atau sekadar bersantai di hari minggu. Kursi yang memiliki desain apik akan menunjang penampilan keseluruhan ruangan. Namun, desain tersebut harus sejalan dengan kenyamanan yang diberikan. Sebaiknya kamu menghindari terlalu berkompromi dengan kenyamanan demi mendapat desain yang kamu suka. Ada banyak pilihan desain apik yang juga menawarkan kenyamanan yang bisa kamu pilih loh. Jadi, jangan cepat puas dengan satu pilihan saja.

Sebuah kursi tidak akan membuat kamu merasa nyeri jika kamu hanya menduduikinya selama beberapa detik saja. Oleh karena itu, lakukan tes sederhana, dengan duduk diam dalam posisi sama selama 10-15 menit. Jika kamu tidak ingin berpindah posisi setelah jangka waktu tersebut atau kamu merasa tidak ada perbedaan dari pertama kali duduk, maka kursi tersebut mampu memenuhi kenyamanan rata-rata.

#4Desain yang Apik dan Kebutuhan
Sekali lagi, jangan mau membeli kursi karena desainnya yang bagus saja. Selain desain, kebutuhan kamu terhadap kursi itu harus terpenuhi terlebih dahulu. Jika rumah kamu tergolong kecil sehingga memaksa ruang tamu merangkap sebagai ruang keluarga, sebaiknya kamu pertimbangkan awet tidaknya produk tersebut jika diduduki sepanjang waktu. Setelah kebutuhan kamu terpenuhi, kamu bisa melihat ke desain dan modelnya. Sangat disarankan untuk memilih desain yang tidak terpaku oleh zaman. Dengan begitu, meskipun trend berganti, kursi tamu tidak akan membuat bosan atau terkesan ketinggalan zaman.

#5 Kualitas dan Harga
Harga adalah pertimbangan relatif ketika kamu hendak membeli kursi tamu. Harga mahal tidak selalu menjadi patokan kualitas. Banyak produk yang memiliki kualitas baik namun dipatok dengan harga bersaing. Sebaiknya kamu membandingkan toko furnitur onlineseperti dekoruma.com /ikea.com agar kamu memperoleh gambaran harga pasar.

#6 Pertimbangkan Jasa Custom Design
Entah kamu telah mencoba tips di atas tapi belum menemukan pilihan yang tepat atau memang sengaja ingin memesan kursi tamu desain kamu sendiri. Menggunakan jasa custom designer profesional dapat kamu jadikan pertimbangan. Selain dapat memeroleh kursi dengan sentuhan personal kamu, jasa ini dapat membantu kamu dalam memilih furnitur yang pas dengan ukuran dan model ruangan. Selain itu, harga yang kamu dapatkan bisa jadi lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga yang dipatok oleh merk dan toko furnitur itu sendiri.

Semoga tips untuk memilih kursi tamu ini membantu kamu dalam memilih kursi tamu yang kamu impikan. Semoga bermafaat.

ADVERTORIAL

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016