Bahkan kedepannya, kami mau melengkapi ruang laktasi itu dengan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC). Jadi, ibu-ibu bisa menyusui bayinya dengn nyaman."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ciganjur Berseri yang berlokasi di Jalan Pasir RT 01/06, Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Rencananya, RPTRA Ciganjur Berseri ini akan kami buat supaya terintegrasi dengan puskesmas kelurahan yang akan segera dibangun dalam waktu dekat," kata Basuki di RPTRA Ciganjur Berseri, Jakarta Selatan, Selasa.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, dengan adanya integrasi antara RPTRA dengan puskesmas kelurahan, maka layanan kesehatan akan semakin mudah diakses oleh masyarakat setempat.

"Jadi, ketika orang tuanya sedang mengantri untuk berobat di puskesmas, maka anak-anaknya bisa menemani sambil bermain di RPTRA. Rencananya, puskesmas itu akan kami bangun tahun ini," ujar Ahok.

Lebih lanjut, dia menuturkan dengan adanya integrasi tersebut, maka RPTRA Ciganjur Berseri tidak hanya ramah bagi anak-anak, tetapi juga ramah bagi masyarakat lansia dan ibu hamil.

"Intinya, kami ingin merancang supaya RPTRA ini bukan cuma ramah anak, tetapi juga ibu hamil, bahkan kakek nenek bisa betah berlama-lama disini. Jadi, semuanya bisa kumpul," tutur Ahok.

RPTRA Ciganjur Berseri dibangun di atas lahan seluas 6.000 meter persegi. RPTRA itu dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, diantaranya ruang serbaguna, ruang pengelola, ruang laktasi, toilet umum, toilet untuk disabilitas, lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, sarana bermain anak, kebun bergizi, free wifi, jogging track, tanaman obat keluarga, kolam gizi serta kamera pengawas.

"Bahkan kedepannya, kami mau melengkapi ruang laktasi itu dengan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC). Jadi, ibu-ibu bisa menyusui bayinya dengn nyaman," ungkap Ahok.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016