Sleman (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X pada Rabu menyaksikan penandatanganan kerja sama 12 BUMN untuk mendukung pengembangan pariwisata Yogyakarta, Solo dan Semarang yang diberi label "Spirit Joglosemar".

BUMN yang turut dalam kerja sama itu meliputi PT Garuda Indonesia, PT Angkasa Pura, PT Kereta Api Indonesia, PT Pelindo, PT Perhutani, Indonesia Natour, Perum Damri, Aerowisata, PTP IX, Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko serta PT Citilink.

"Segitiga emas pariwisata Joglosemar ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menarik wisatawan ke Indonesia," kata Rini dalam acara peresmian Panggung Tertutup Trimurti, Kompleks Candi Prambanan.

Ia mengatakan sinergi transportasi penghubung ketiga kawasan itu akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah-daerah tujuan wisata di Yogyakarta, Solo dan Semarang.

"Kami berterima kasih kepada Pemda DIY dan Jawa Tengah yang bersedia bekerja sama dengan BUMN untuk terwujudnya Spirit Joglosemar ini," katanya.

Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah memiliki destinasi wisata seperti Borobudur, Prambanan dan wisata pantai di Gunungkidul.

"Target kunjungan wisatawan ke Borobudur bisa naik 10 kali lipat dalam tiga tahun ke depan, atau mencapai dua juta wisatawan," katanya.

Sri Sultan HB X berharap sinergi BUMN dengan Pemerintah Daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah bisa memaksimalkan upaya pengembangan pariwisata.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016